Buruan Cari Tiketnya, Kereta Bandara Solo Bakalan Dua Bulan Digratiskan

0
ujicoba-ka-bandara
kepsen : UJI COBA : Uji coba kereta bandara dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo PP, Sabtu (28/12). (suaramerdekasolo.com/Vladimir Langgeng)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Kereta api (KA) bandara relasi Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Solo Balapan mulai dioperasikan secara terbatas, Minggu (29/12).

Dan untuk dua bulan ke depan, kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kereta bandara itu masih digratiskan. “Tarifnya masih nol rupiah,” kata Menhub.

Hal itu dikatakan di sela peninjauan dan ujicoba kereta bandara, Sabtu (28/12). Dalam uji coba itu, Menhub antara lain didampingi direktur utama PT KAI Edi Sukmoro, dan Komisaris PT KAI Risa Primad. Rombongan naik kereta dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo dan kembali ke stasiun.

Dibutuhkan waktu 20 menit untuk sekali perjalanan dari stasiun ke bandarai. Ada pun kapasitas kereta 150 penumpang.

“Mumpung masih gatis, anak-anak sekolah atau masyarakat bisa mencoba kereta bandara ini. Keretanya bagus dan langsung masuk ke bandara,” kata Budi Karya Sumadi.

Menhub berharap, kereta bandara di Solo ini bisa menjadi contoh kegiatan antar moda yang terintegrasi. Ia mencontohkan, orang-orang dari Wonogiri, Madiun, apa Klaten, yang mau bepergian jauh naik pesawat bisa turun di Terminal Tirtonadi kemudian jalan melewati skybridge menuju Stasiun Solo Balapan lalu naik kereta api menuju ke bandara.

Nantinya, tiap jam sekali direncanakan ada kereta yang berangkat. “Kita jangan bicara tarif dulu, kita lihat dulu pengoperasian dalam dua bulan ini,” tambah Edi Sukmoro.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, pengoperasian kereta bandara adalah komitmen pemerintah untuk menjadikan Jawa Tengah, dengan ikon Candi Borobudur-nya, untuk menjadikan Bali baru. Pengoperasian kereta bandara itu juga sekaligus untuk mendukung jalur cincin kereta api Solo, Jogja, Cirebon, Semarang, dan lainnya melingkar.

“Mudah-mudahan kereta bandara ini memberi manfaat pada masyarakat lokal dan bisa memberi impresi luar biasa pada wisatawan,” kata Menhub.(Vladimir Langgeng)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan