Selama 2019, Damkar Klaten Tangani Laporan Delapan Kasus Kobra dan 246 Tawon

0
damkar-klaten
ULAR KOBRA: Ular kobra sebanyak 36 ekor ditangkap warga Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Sepanjang tahun 2019, tim animal rescue Pemadam Kebakaran Pemkab Klaten menangani delapan kasus ular kobra masuk permukiman dan 246 kasus sarang tawon vespa affinis.
Pengelola data markas Pemadam Kebakaran Pemkab Klaten, Edi Setyawan mengatakan kasus ular kobra baru tahun ini muncul.

” Tahun 2019 lalu ada satu laporan ular kami tangani tapi jenis ular sawah biasa,” ungkapnya, Kamis (02/01/2020).

Baca : Jembatan Gantung Solusi Penghubung Dukuh Girpasang, Bupati Klaten Kunjungi Lokasi Terisolir

Menurut Edi dari kasus temuan dan penanganan ular kobra sebanyak itu ada di Kecamatan Karangdowo, Cawas dan Polanharjo. Sebanyak tujuh ekor kobra anakan dan seekor Indukan kobra diamankan. Terhadap kobra yang diamankan, pemadam mengupayakan untuk dilepas ke alam bebas yang jauh dari penduduk.

Misalnya dilepaskan di hutan atau sungai yang tidak terjangkau penduduk. Selain kobra, tim tahun ini menangani empat kasus ular lain tetapi ular sawah atau ular koros. Ular jenis itu tidak berbisa tetapi pemakan tikus sawah sehingga jika ditemukan hanya dipindah ke sawah.

Baca : Malam Tahun Baru Diimbau Tak Konvoi, Klaten Gelar Car Free Night

Kendala utama penanganan ular tidak ada sebab pemadam memiliki alat memadai dan sudah mendapatkan pelatihan. Hanya saja kadang masyarakat melaporkan saat ular sudah pergi sehingga harus disisir lokasinya. Tercatat, temuan kobra ada di Desa Glagahwangi, Kecamatan Polanharjo tiga ekor dan Dusun Grembyang, Desa Karangwungu, Kecamatan Karangdowo 13 ekor pada Senin (02/12/2019).

Disusul empat ekor di Dusun Jurug, Desa Sukorejo, Kecamatan Wonosari Minggu (08/12/2019) dan 36 ekor di Dusun Jembangan,Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Selasa (17/12/2019).

Kasus Naik

Selain kobra, kata Edi, markas pemadam mencatat ada 246 kasus sarang tawon Vespa Affinis atau Ndas. Tawon vespa merebak sejak bulan September. Kasus tahun ini berdasarkan data cenderung naik dari tahun sebelumnya.

Baca : Tahun Baru 2020, 119 Anggota Polres Klaten Pakai Pangkat Baru

Tinggalkan Pesan