Solo Raya Diingatkan Waspada Bencana

0
bencana-solo
MENGECOR TANGGUL: Ekskavator dioperasikan pekerja untuk mengecor tanggul Kali Pepe di wilayah Sudiroprajan. (suaramerdekasolo.com/Yusuf Gunawan)

SOLO suaramerdekasolo.com – Hujan berintensitas sangat tinggi sesuai yang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan terjadi di hampir semua wilayah selama sepekan ke depan harus diantisipasi dan diwaspadai, terutama di Solo Raya.

“Hujan lebat dengan intensitas tinggi dikhawatirkan akan meningkatkan risiko longsor di sejumlah wilayah di Kabupaten Karanganyar dan risiko banjir di beberapa titik di Kota Surakarta dan beberapa kabupaten lainnya di Soloraya. Dampak risiko longsor atau banjir dan beberapa jenis bencana yang lain tidaklah sesederhana yang muncul, dan ini harus dimitigasi,” kata Kepala Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr Suryanto.

Baca : Tragis, Satu Keluarga Keracunan Gas Genset di Pulogadung Jakarta

Dikemukakan, BMKG memprediksi kondisi hujan lebat masih akan terus terjadi hingga pada puncaknya di bulan Februari mendatang.

Dikemukkan, hujan lebat yang mengguyur kawasan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta pada (1/1/2020) pagi menjadi penyebab banjir besar yeng merendam banyak wilayah dengan korban jiwa dan materiil.

Penanganan banjir dan kurang maksimalnya langkah preventif yang dilakukan mengakibatkan ribuan warga Jakarta kini harus mengungsi sambil dibayangi rasa cemas akibat ancaman hujan lebat yang masih akan terus terjadi hingga pada puncaknya di Februari mendatang.

Langkah Preventif

Berkaca dari bencana banjir besar yang melanda kawasan ibukota, ia mengingatkan semua elemen di Soloraya untuk meningkatkan kewaspadaan.
“Sekarang bukan waktunya untuk saling menyalahkan atau mengutuk. Banjir besar yang menimpa Jabodetabek seharusnya menjadi kaca benggala untuk meningkatkan kewaspadaan. Wilayah Soloraya pun tidak steril terhadap risiko bencana,” ujar Dr. Suryanto.

Baca : Jembatan Gantung Solusi Penghubung Dukuh Girpasang, Bupati Klaten Kunjungi Lokasi Terisolasi

Tinggalkan Pesan