Terpapar Gas, Warga Sorobaon Tewas Saat Bersihkan Sumur

0
warga-sorobaoan-jaten-tewas-hirup-gas
EVAKUASI : Tim SAR gabungan saat mengevakuasi korban Joko Purnomo di Sorobaon RT 01 RW 03, Desa Jati, Kecamatan Jaten, MInggu (5/1). (suaramerdekasolo.com/dok)

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Maksud hati ingin membersihkan sumur dan pompa air, namun malang tak dapat ditolak.

Itulah yang dialami Joko Purnomo. Pria 30 tahun warga Sorobaon RT 01 RW 03, Desa Jati, Kecamatan Jaten. Dia tewas beberapa saat setelah menghirup gas saat berada di dalam sumur di pekarangan rumahnya, Minggu (5/1).

Joko sempat berupaya keluar dari sumur berkedalaman 15-an meter, setelah menghirup gas. Namun sampai di tengah, dia lemas hingga kemudian terjatuh

Koordinator Lapangan Basarnas Pos SAR Surakarta Tri Puji Sugiharto, yang memimpin proses evakuasi korban menuturkan, korban masuk ke dalam sumur sekitar pukul 08.00. Kakak korban, Suroso, mengawasi dari bibir sumur berdiameter 1,25 meter tersebut.

“Sekitar pukul 08.15, korban diduga menghirup gas yang keluar di dalam sumur. Menurut kakak korban, adiknya sempat berusaha naik dengan memanjat pada batu yang ada di dinding sumur. Diduga karena lemas setelah menghirup gas, sampai tengah, korban jatuh,” tuturnya.

Upaya pertolongan sudah dilakukan warga setempat. Namun terhalang adanya gas. Salah satu warga yang berupaya menolong, bahkan sempat pingsan karena terpapar gas.

“Kami mendapat laporan sekitar pukul 08.50 dan langsung meluncur ke lokasi bersama personel SAR gabungan. Salah satu personel turun ke sumur dengan dilengkapi tabung selam dan berhasil mengevakuasi korban,” jelasnya.

Tinggalkan Pesan