Kebanjiran Laporan ODGJ dan Orang Terlantar Kota Surakarta

0
griya-pmi-mojosongo
BERKUNJUNG : Anggota Komisi IV berkunjung ke Griya PMI Peduli Mojosongo,Jebres Solo, Senin (06/01/2020). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

*Komisi IV DPRD Berkunjung ke Griya PMI Peduli

SOLO,suaramerdekasolo.com – Komisi IV DPRD Kota Surakarta baru saja berkunjung ke Griya PMI Peduli Mojosongo Jebres, dan Yayasan Lentera Solo, Senin (6/1). Kunjungan wakil rakyat ke rumah penampungan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan rumah anak penderita HIV/AIDS itu dalam rangka menghimpun informasi tentang penanganan ODGJ, orang terlantar dan anak penderita HIV/AIDS.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Surakarta Ekya Sih Hananto seusai kunjungan kepada Suara Merdeka mengatakan, anjangsana ke tempat sosial itu amat penting bagi komisinya, sehingga dijadwalkan dan dilaksanakan kemarin. Sebab dari kunungan itu bisa memperkaya pengetahuan dan masukan tentang penanganan ODGJ, orang terlantar dan anak penderita HIV/AIDS.

Baca : Kemacetan Palang Joglo Solo Diserahkan Pemerintah Pusat

“Ya karena selama ini kami sering mendapatkan pertanyaan, masukan bahkan laporan tentang keberadaan ODGJ dan orang terlantar. Agar anggota Komisi IV lebih paham lagi tentang hal itu, maka kami berkunjung ke dua tempat tersebut,” terang Ekya.

Wakil rakyat dari PDIP Kota Surakarta ini menambahkan, dua lembaga sosial itu sebenarnya bukan mitra secara langsung Komisi IV. Namun demikian, kedua lembaga ini amat erat kaitanya dengan kondisi sosial kemasyarakat dan kesejahteraan khususnya warga Solo.

“Sebab salah satu syarat orang yang terlantar seperti tidak punya sanak famili atau sebatang kara memang harus memegang KIS agar bisa diasuh di tempat sosial seperti Griya PMI Peduli yang ada di Mojosongo. Nah mungkin saja ini yang jadi pertanyaan publik mengapa untuk masuk ke Griya PMI Peduli ada persyaratannya,” kata Ekya.

Baca : Tapanuli Tengah Bakal Miliki Asrama Haji

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD kota Solo Putut Gunawan menambahkan, problem pengelolaan lansia di masyarakat akan semakin rumit karena sekarang banyak temuan kasus lansia yang ditelantarkan oleh keluarganya. Menurutnya, pengembangan pengelolaan penanganan lansia dan anak terlantar yang dilakukan di Griya PMI Peduli sangat bagus.
Rencananya eksekutif dan legislatif mewacanakan penyusunan raperda lansia tentang perawatan lansia dan anak terlantar. (Budi Santoso)

Baca : Korupsi Dana Milik Desa, Joko Sarjono Mantan Kades Tanjungsari Banyudono Ditahan Kejaksaan

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan