Antisipasi Bencana Alam, Polri Bakal Tanam 2020 Pohon

0
polri-peduli1

JAKARTA,suaramerdekasolo.com – Bencana alam dan banjir yang terjadi di wilayah Indonesia di awal tahun 2020 menyisakan duka. Tercatat, banjir terjadi di Jakarta, Bogor, Depok, Tengerang dan Bekasi. Sementara di Banten, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat dan Nusa Tenggara Timur terjadi tanah longsor.

Asisten Sumber Daya Manusia (AS SDM) Kapolri Irjen Eko Indra Heri menyampaikan, hingga Senin 6 Januari 2020 dampak dari bencana banjir menyebabkan 80 orang korban meninggal dunia, tujuh korban masih dinyatakan hilang dan 404 ribu masih mengungsi di pengungsian.

Polri, sambung Eko Indra akan terus meningkatkan kewaspadaan bencana yang diprediksi masih terjadi mengingat musim hujan akan terjadi hingga Februari 2020 mendatang. Salah satu penyebab bencana banjir dan longsor itu karena hutan gundul dan lahan tidur yang tidak produktif.

“Sebab itulah Kapolri di awal 2020 memformulakan program Polri Peduli Lingkungan. Harapannya populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadinya longsor,” kata Irjen Pol Eko Indra Heri dalam keteranganya, Rabu (08/01/2020).

Realisasi program itu adalah penanaman pohon oleh anggota Polri secara nasional, dimulai dari tingkat Polsek hingga Mabes Polri, dari lingkungan kantor, asrama Polri hingga di lahan-lahan tidak produktif baik milik Polri, pemerintah maupun warga lainnya.

“Termasuk daerah aliran sungai dan daerah pesisir laut yang biasa diberdayakan sebagai ekosistem mangrove,” jelas Eko Indra.

Tinggalkan Pesan