Cerdaskan Bangsa Lewat Kartun

jajak-nugroho-adi1
FOTO DIRI : Jajak Ary Nugroho, Pegiat Paguyuban Kartunis Solo (Pakarso). (suaramerdekasolo.com/dok)

DUNIA karikatur tak bisa dilepaskan dari keseharaian Jajak Ary Nugroho. Pentolan Paguyuban Kartunis Solo (Pakarso) ini terus menerus berkreasi dan menciptakan karya-karya terbaiknya lewat dunia kartun. Karena “kegilaanya” terhadap karya seni kartun ini. Karya-karyanya diakui dari berbagai komunitas, dan penggemar kartun.

Hal ini juga yang membuat Jajak sapaan akrabnya didaulat menjadi salah satu pegiat organisasi kartunis Indonesia (presidium Federasi Kartunis Indonesia/Pakarti) yang proses pelantikannya dihadiri oleh Gubernur Ganjar Pranowo di Magelang belum lama ini.

Baca : Tjahjo : 83 PNS Melanggar, 73 Dipecat. Ada yang Beristri Dua, Jadi Calo dan Terlibat Narkoba

Kepada Suara Merdeka, warga Mangkubumen, Banjarsari pria yang khas dengan rambut iklanya menuturkan, lewat karya inilah dirinya bersama komunitas Pakarso turut serta mencerdaskan bangsa.

“Oleh karenanya dia kontinyu melakukan sosialisasi dalam rangka mewujudkan kartun sebagai media yang mudah dipahami semua lapisan masyarakat, ” kata pria yang masih awet muda meski menginjak usia setengah abad itu.

Baca : Reynhard, Pria asal Jambi Trending di Twitter, Ada Apakah ?

Karya-karya paling akhir Jajak dan teman-temanya di Pakarso Solo bisa dilihat orang banyak saat didapuk membuat karya karikatur tentang sosialisasi tolak politik uang yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu di ajang Solo Car Free Day.

jajak-nugroho-adi2

Baca : Sosialisasi Rekayasa Lalin Purwosari Diperkuat

Pakarso Solo juga diminta partisipasinya dalam kerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Surakarta dalam menggunakan media kartun sebagai sosialisasi destinasi wisata di Solo.

“Semua kegiatan itu menjadi bagian Pakarso Solo dalam mencerdaskan bangsa lewat karikatur, sehingga masyarakat bisa menikmati karya seni ini. Sekaligus lewat kartun pesan-pesan yang ingin disampaikan pemerintah atau lembaga-lemba bisa diketahui dan dipahami masyarakat secara cepat, ” imbuhnya. (Budi Santoso)

Baca : Polwan Berikan Trauma Healing dan Bantu Korban Banjir Jakarta

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan