Cegah Bencana, Polres Klaten Tanam 3000 pohon, Disebar Sampai Polsek

0
polres-klaten-tanam-pohonpolres-klaten-tanam-pohon
HALAMAN MAPOLRES: Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo menanam pohon di halaman Mapolres Klaten. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Polres Klaten bersama jajaran Polsek menggelar aksi tanam pohon dalam rangka ” Polri Peduli Penghijauan”, Jumat (10/1) pagi. Penanaman pohon sekaligus dalam upaya mencegah terjadinya bencana akibat pemanasan global.

Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo menjelaskan sesuai perintah Kapolri, aksi menanam pohon dilakukan serentak di seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat Mabes hingga Polsek.

” Untuk di jajaran Polres Klaten sendiri sedikitnya ada 3000 bibit pohon yang ditanam. Beberapa jenis pohon yang ditanam antara lain pohon trembesi, kelengkeng, mangga dan rambutan,” jelasnya, Jumat (10/1) pagi di Mapolres.

Kapolres mengatakan, Polres Klaten turut mensukseskan program penghijauan dari Kapolri. Polres mendapatkan distribusi bibit pohon dan Jumat ditanam bersama-sama dengan Polsek.

Tujuan dari gerakan itu selain untuk penghijauan adalah untuk mencegah bencana alam yang diakibatkan kurangnya jumlah pohon. Berkurangnya jumlah pohon menyebabkan cepatnya pemanasan global yang memicu munculnya cuaca ekstrem.
Cuaca esktrem itu memicu terjadinya berbagai bencana alam yang harus diantisipasi dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Sebabkan Korban

Seperti diketahui, kata Kapolres, awal tahun 2020 ini di beberapa wilayah Indonesia terjadi bencana alam banjir dan longsor yang menyebabkan korban nyawa dan material yang cukup besar. Tanam pohon merupakan salah satu ikhtiar untuk mencegah bencana alam di masa depan.

Tinggalkan Pesan