Panitia Perkuat Tali Baja Lampion Depan Pasar Gede Solo

0
lampion-pasar-gede
FOTOILUSTRAIS/rri.co.id

SOLO,suaramerdekasolo.com – Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perayaan Imlek Solo 2020. Panitia Bersama Solo Imlek 2571/2020 memperkuat tali baja untuk menahan ratusan lampion yang dipasang di depan Pasar Gede Solo dan Jalan Jenderal Sudirman Solo.

Menurut ketua panitia Sumartono Hadinoto, ada sekitar 300 lampion yang dipasang di sekitar jembatan depan Pasar Gede. Dari beberapa pengalaman lalu, ada lampion yang rusak karena diterjang angin kencang.

“Guna mengantisipiasi hal-hal semacam itu, kami memperkuat sling baja (kawat baja) untuk menahan lampion. Tidak hanya di depan Pasar Gede, tatapi juga di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, ” kata Sumartono beberapa waktu lalu.

Pada pelaksanaan perayaan imlek kali ini, Panitia Bersama Solo Imlek 2571/2020 juga bekerja sama dengan PT PLN dalam menyuplai listrik untuk penyalaan lampion dan shio.

Dalam kesempatan jumpa pers persiapan imlek Solo beberapa waktu lalu, Sumartono blak-nlak mengatakan, biaya yang dikeluarkan untuk penyalaan lampion dan shio selama hampir sebulan mencapai Rp 50- 70 juta.

Karena, tegangan yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu-lampu itu cukup besar.

“Dulu memang kami bekerja sama dengan beberapa pihak untuk suplai listrik lampion dan shio. Namun akhirnya kami upayakan bekerja sama dengan PLN untuk suplai listriknya karena kebutuhan listrikan mencapai 55 ribu (watt-red),” kata Sumartono.

Dikatakan, lampu-lampu lampion itu kini sudah terpasang. Jadwal penyalaan lampu-lampu indah dalam rangka memeriahkan imlek dijadwalkan pada pertengahan Januari atau sepekan sebelum imlek.

Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, pada saat penyalaan lampion ini akan dinanti masyarakat baik Solo dan sekitarnya.

“Kami meminta maaf bila nanti pas penyalaan akan dikunjungi masyarakat luas. Sehingga saat ini kami terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar pada saat penyalaan itu berjalan lancar tanpa menimbulkan kemacetan dan lain-lain,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Panitia Bersama Solo Imlek 2571/2020 akan menggelar berbagai kegiatan baik seni tradisi, kegiatan sosial perekonomian dan akulturasi budaya dalam rangka menyambut imlek yang mengambil tema, merajut kebhinnekan memperkokoh NKRI.

Ada enam enam organisasi yang ikut bergabung dalam kegiatan yakni Fuqing Solo Indonesia, Hou Hap, Perkumpulan Masyarakat Surakarta, Persodaraan Haka Surakarta, Majelis Agama Khonghucu Indonesia, dan Perhimpunan Warga Guangzhao Surakarta. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan