Bupati Wonogiri Bakalan Undang PT RUM, Selesaikan Masalah Polusi Udara

bupati-wonogiri-jekek
FOTO DIRI : Bupati Wonogiri, Joko 'Jekek' Sutopo

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Bupati Wonogiri, Joko ‘Jekek’ Sutopo menjadwalkan pertemuan antara Pemkab Wonogiri, PT Rayon Utama Makmur (RUM) dengan tokoh dan perwakilan masyarakat terdampak polusi udara.

Pertemuan tersebut akan diadakan di pendapa Kabupaten Wonogiri, Jumat mendatang (17/1). Bupati meminta agar pucuk pimpinan pabrik pembuatan serat rayon itu hadir dalam pertemuan.

Baca : Difabel Wonogiri Minta Dilibatkan Kegiatan Kebencanaan

Kehadiran pucuk pimpinan PT RUM untuk menunjukkan keseriusan mereka dalam menyelesaikan masalah polusi udara. “Besok Jumat (17/1) dijadwalkan. Saya sudah minta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengundang PT RUM dan tokoh-tokoh masyarakat ke pendapa. Saya minta presiden direkturnya hadir,” katanya, Selasa (14/1).

Dia meminta PT RUM dalam pertemuan nantinya memaparkan aspek-aspek teknis dalam mengatasi polusi udara. “Investasi itu pasti. Tapi kalau ada yang menimbulkan dampak lingkungan, harus ada proses perbaikan,” terangnya.

Baca : Ini Biaya Tidak Terduga yang Disapakan Wonogiri Hadapi Keadaan Darurat

Jika perusahaan di wilayah Kabupaten Sukoharjo tersebut membutuhkan uji coba, Bupati meminta kepastian waktu yang diperlukan.

Namun, apabila selama masa uji coba itu pabrik masih menimbulkan bau menyengat, dia meminta proses produksinya dihentikan dahulu. “Harus dievaluasi dulu. Kalau terus menerus menimbulkan dampak polusi udara tentunya akan merugikan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, timbulnya polusi udara menunjukkan adanya kewajiban yang belum terpenuhi. “Posisi kami adalah memediasi dan memfasilitasi agar masyarakat mendapat perlindungan dan investasi mendapat kepastian,” katanya. (Khalid Yogi)

Baca : Peringatan Hari Amal Bhakti, 17 Sertifikat Tanah Wakaf Diserahkan di Wonogiri

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan