Gerombolan Monyet Liar Bermunculan, Warga Tidak Diketahui Asalnya

monyet-liar-klaten
MONYET LIAR: Seekor monyet liar di Dusun Jampen, Desa Jonggrangan, Klaten Utara dengan santainya duduk di atas warga. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Warga di sejumlah wilayah di Kabupaten Klaten diresahkan dengan kemunculan gerombolan monyet liar. Primata itu dilaporkan muncul di Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, di Desa Candirejo, Kecamatan Ngawen dan di Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom.

Warga Dusun Jampen, Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Darmo Miharjo mengatakan monyet liar yang meresahkan cuma satu ekor. Datang ke kampung sudah sekitar dua bulan lalu.

” Sudah dua bulan berkeliaran. Sembilan telur ayam di rumah anak saya diambil,” kata Darmo saat ditemui, Rabu (15/1/) pagi.

Baca : Tingkat Popularitas Sri Mulyani Capai 98 Persen

Monyet itu, lanjut Darmo, memang tidak menyerang warga tapi meresahkan dan susah ditangkap. Kadang saat warga melintas, monyet naik ke punggung sehingga membuat kaget tetapi saat mau dipegang lari. Selain memakan telur ayam, monyet mengambil anak ayam tetapi tidak pernah membawa lari pakaian dan barang perabot.

Menurut Ketua RT 3 RW 6 Dusun Jampen, Suyono monyet itu diduga lepas dari pemiliknya dua bulan lalu. Sebab tidak terlalu ganas. ” Tidak menyerang tapi cuma meresahkan. Sebab selain mengambil barang juga mengganggu ternak ayam dan kambing warga sehingga membuat gaduh,” terangnya.

Suyono mengatakan warga sudah melaporkan ke markas pemadam. Dua kali tim datang tapi tidak berhasil menangkap. Pagi pemadam datang dan malam datang lagi. Tapi belum bisa menangkap sebab lihai monyet itu.

Baca : Peringati HUT ke-47, DPC PDIP Klaten Kibarkan Bendera Dalam Air di Umbul Ponggok

Tidak Ditembak

Warga, lanjut Suyono, menghendaki monyet ditangkap hidup dan menolak jika akan ditembak sebab selama ini tidak pernah menyerang warga. Biasanya muncul pagi mencari makan dan setelah dapat tidak muncul lagi.

Tinggalkan Pesan