Petani Lereng Merapi Kembangkan Paprika

paprika-boyolali
PANEN PERDANA: Kepala Dinas Pertanian Boyolali, Bambang Jiyanto dan Karyanto Winowo dari Danone memanen paprika hasil binaan di Dukuh Surjo, Desa Sukabumi, Cepogo. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Para petani di kawasan lereng Merapi Dukuh Surjo, Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo mulai mengembangkan tanaman paprika. Tanaman tersebut dibudidayakan dalam greenhouse atau rumah hijau.

Total sebanyak 15 greenhouse yang didirikan petani. Selain paprika, petani juga menanam tomat, buncis dan lettuce. Tanaman paprika sudah mulai dipanen dan digunakan untuk memasok rumah makan.

“Kami bersyukur bahwa budidaya parika disini mampu tumbuh dan panen sangat bagus. Apalagi, ini baru permulaan,” ujar Karyanto Wibowo, selaku Direktur Sustainable Development Danone Indonesia.

Ditemui wartawan disela- sela panen perdana paprika, Selasa (14/1), dia mengungkapkan, budidaya paprika tersebut merupakan kerjasama antara PT TirtaInvestama bekerjasama dengan PT Sari Melati Kencana Tbk atau Pizza Hut Indonesia.

Dijelaskan, pengembangan pertanian Paprika  beserta komoditi sayuran lainnya melalui pendekatan pemberdayaan petani.  Kegiatan ini merupakan upaya membantu meningkatkan taraf hidup petani.

Yaitu dengan cara mempertemukan permintaan konsumen Paprika yang berkualitas dengan petani sebagai pembudidaya secara langsung.

Sehingga petani mendapatkan jaminan beli atas paprika yang dihasilkan dengan harga yang stabil dan baik.

Tanaman ini sengaja dikembangkan di wilayah tangkapan air yang penting sebagai lokasi penyerapan air salah satunya bagi Kota Boyolali. ”Memang Danone memiliki visi One Planet One Health, dimana kita tinggal di satu planet yang harus dijaga.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here