Tilang Bayar Di Kantor Pos, Bukti Diantar Ke Rumah

tilang-kejari-karanganyar
DIKIRIM – Petugas Kantor Pos Karanganyar memasukkan sepeda motor yang akan dikirim ke rumah warga di Jumantono, disaksikan petugas Kejari Karanganyar.(suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Kantor Pos dan Kejaksaan Tinggi Jateng membuat terobosan baru dengan bekerja sama menangani kasus tilang Satlantas. Saat ini erobosan baru itu diujicoba di lima kabupaten, dan diresmikan oleh Kajati Jateng Priyanto SH di halaman kantor Kejaksaan Negeri Karanganyar, Selasa. Daerah itu di Blora, Kebumen, Pekalongan dan Purwokerto, dan Karanganyar.

Kerja sama penyelesaian tilang itu disebabkan antrean yang mengular saat pembayaran dan pengambilan barang bukti. Di Karanganyar minimal 4.000 kasus setiap bulan. Jika setiap daerah sama, maka ada 4.000 x 12 x 35 kasus tilang di Jateng pertahun.

‘’Karena itu sekarang kami buat, setiap tilang cukup dibayarkan di Kantor Pos dengan menunjukkan bukti tilang, nanti petugas Kantor Pos akan menawari apakan bukti tilang diantar ke rumah atau tidak. Jika ya, si pelanggar cukup membayar uang admin Rp 5.000 dan ongkos kirim Rp 7.000 untuk Karanganyar dan daerah lain menyesuaikan tarif pos,’’ kata Dwi Indarmani, Kepala Kantor Pos Indonesia Jateng.

Jadi ini semata-mata untuk efisien dan efektif karena antrean di kejaksaan Karanganyar setiap selasa pas pembayaran kasus tilang. Karena itu langkah ini semata-mata pelayanan masyarakat, terutama yang sibuk dan tidak punya waktu. Dia bisa membayar denda tilang setelah itu menunjukkan KTP untuk diantar barang bukti yang ketilang.

Dalam kesempatan itu, petugas pos menampilkan video peragaan cara pembayaran dan pengantaran di pos yang sangat mudah dan cepat. Sehingga memudahkan warga untuk tidak perlu antre di kantor kejaksaan tapi bisa membayar sewaktu-waktu.

Kantor Pos menjamin pengiriman bergaransi dan diasuransikan sampai maksimal Rp 6 juta rupiah untuk setiap kerusakan dan kehilangan barang bukti yang harus dikirim sampai rumah. Dan dijamin hanya maksimal 9 jam sejak pembayaran sudah sampai di rumah.

Bagaimana dengan bukti tilang sepeda motor ? Kantor Pos Indonesia menyatakan sanggup mengirim dan ongkosnya sesuai tarif Kantor Pos untuk pengiriman barang, sehingga berbeda dengan tarif pengiriman dokumen seperti SIM atau STNK.

Namun KBO Satlantas Iptu Moko mengatakan, untuk bukti tilang sepeda motor ada syarat khusus jika perkaranya sudak selesai ditangani Satlantas. Sebab penyitaan sepeda motor erat kaitannya dengan pembinaan. Misalkan karena motor bodong, tidak sesuai spesifikasi, dan sebagainya.

‘’Biasanya dalam kasus itu Satlantas menginstruksikan harus dikembalikan sesuai spek, motor bodong karena lama tidak dipajaki harus dipajaki, motor bodong perkaranya harus diselesaikan dulu apakah motor curian atau memang suratnya tidak ada,’’ kata dia.

Jangan sampai terjadi karena urusannya diselesaikan di Kantor Pos maka motor tidak sesuai spesifikasi diantar sampai rumah. Bisa gagal pembinaan dari polisi kepada masyarakat nantinya. Sebab semuanya sudah diselesaikan lewat Kantor Pos.

Dwi Indarmani menambahkan, ke depan Kantor Pos akan menciptakan sistem aplikasi seperti go pay sehingga pembayaran tilang cukup dibayar di rumah saja jika semua program itu sudah tersosialisasi ke masyarakat.

Apakah tidak melalui sidang ? Saat ini dengan sistem E-tilang sudah diprogram pelanggaran tilang tidak melalui sidang dan saat ditilang sudah tahu melanggar pasal berapa dan dendanya berapa sehingga mudah. (Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here