Arca Abad 9 Ditemukan Saat Bongkaran Rumah Dinas Wakil Bupati Klaten

0
batu-arca-rumdin-klaten
BATU ARCA: Batu arca yang diduga Nandi dicek tim BPCB Jateng di Dusun Tempel, Desa Ngalas, Kecamatan Klaten Selatan. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Sebuah arca jenis arca Mahakala ditemukan di proyek bongkaran rumah di belakang rumah Dinas Wakil Bupati Klaten Kampung BPM Tegal Klaten, Kalurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah. Arca sudah tidak utuh dan kepalanya hilang dan ditemukan saat akan digunakan untuk tanah uruk.

Saksi penemuan, Purwanto (32) warga Dusun Tempel, Desa Ngalas, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten arca itu semula dikirim ke halaman rumahnya bersama bongkahan batu dan tanah untuk dijadikan tanah uruk halaman rumahnya. Bahan meterial tanah uruk itu berasal dari belakang rumah dinas wakil bupati, dan bukan dari desanya.

Baca : Ditemukan Terowongan Kuno di Cokro Tulung, Klaten

” Meterial berasal dari bongkaran bekas rumah kosong di belakang rumah dinas bupati. Saat mau untuk uruk, batu arca ditemukan tukang uruk dan diletakkan di depan rumah saya,” ungkap Purwanto, Kamis (16/1).

Purwanto mengatakan temuan arca itu tanpa disengaja sebab tenaga uruknya, Sutar dan dirinya tidak mengetahui jika batu itu adalah arca. Batu dan tanah uruk itu diangkut dump truk ke depan rumahnya bulan Desember lalu.

Setelah diletakkan di depan rumahnya, sudah ada beberapa orang datang. Ada yang sekadar lihat, memfoto sampai yang mau mengambilnya. Bahkan ada juga yang mau ngambil dan dipersilahkan sebab tidak tahu jika itu arca tetapi juga tidak kunjung diambil.

Baca : Jalur Pendakian Merbabu Dibersihkan, Masa Restorasi

Kepala Arca

Saat ditemukan tukang uruk, lanjut Purwanto, kepala arca sudah tidak ada. Kemungkinan sudah jadi timbunan atau bisa jadi masih tertinggal di lokasi rumah kosong di BPM. Sebab saat mengeruk di lokasi pengambilan uruk menggunakan alat berat beckho.

Baca : Jenazah Kepala Dishub Klaten Dimakamkan Minggu Besok, Meninggal Akibat Jatuh Saat Bersepeda

Tinggalkan Pesan