Ditemukan Terowongan Kuno di Cokro Tulung, Klaten

terowongan-kuno-klaten1

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Sebuah terowongan kuno berukuran cukup besar ditemukan di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten. Diperkirakan, terowongan sudah berusia ratusan tahun itu dibangun zaman Belanda.

Menurut H Danang Heri warga Cokro Kembang, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten, terowongan itu ditemukan pertama kali pada 25 November 2019 silam, kemudian dilakukan penggalian gotong royong secara bertahap.

Baca : Arca Abad 9 Ditemukan Saat Bongkaran Rumah Dinas Wakil Bupati Klaten

”Saya cek pertama kali tanggal 25 November, kemudian selang beberapa hari seminggunan saya mulai gali dan buka bersama warga Cokro, Tulung, di kerjakan gotong royong setiap Minggu,” kata Danang, Kamis (15/1).

Baca : Pakai Drone Tim Gabungan Temukan Retakan di Bukit Putih Perbatasan Klaten Gunung Kidul

Penemuan yang cukup mengejutkan itu segera dilaporkan ke pemerintah desa setempat. Pemkab Klaten melalui  Kecamatan Tulung sudah mengunjungi dan melakukan pengecekan lokasi, demikian juga juga dari pemerintah desa setempat.

”Diperkirakan terowongan cukup panjang, mungkin bisa mencapai 800 meter, tapi baru kita buka sekitar 90 meteran. Ketebalam dinding 1 meter  , langit-langit dan dinding samping juga sekitar 1 meter. Saat gempa 2006, tidak ada kerusakan sama sekali,” kta dia.

Baca : Terseret Banjir, Buaya Besar Berenang Di Selokan Desa Polewali

Kondisi cukup luas, orang dewasa biaa berdiri dengan leluasa, tidak perlu membungkuk, bahkan bisa muat banyak orang. Lubang terowongan berada di kedalaman sekitar 6 meter dari permukaan tanah 6 meter. Sejak berita menemuan terowongan terdengar, banyak orang datang untuk melihat.

Proses pengerukannya cukup sulit karena semua dilakukan secara manual.

”Tidak hanya sulit, tapi sangat sulit. Pakai alat berat pun tidak mungkin bisa. Saat ini, sedimen yang ada di bungker sudah keluar sekitar 75- an kubik lebih,” ujar Danang. (Merawati Sunantri)

Baca : Karyawan BKK Eromoko Gelapkan Rp 2,7 Miliar Uang Nasabah, Mengaku Hendak Digandakan ke Dukun

terowongn-kuno-klaten1

Baca Pula : 6 Penemuan Misterius yang Masih Menjadi Teka-Teki

Editor : Budi Sarmun

1 KOMENTAR

  1. Sek sek..
    Nek tak trawang lan tak sawang
    Nek iki ketoknen bekas kraton..
    Di gawe kraton apik.. iki.
    Opo nggo wisata…
    Pas…
    Kraton cokro.
    Mesti tembus pengging prambanan jogjo lan laut kidul….
    Semarang solo pajang dls…
    Joss

Tinggalkan Pesan