Camat Prambanan Sidak Padepokan Keraton Agung Sejagat di Prambanan Klaten

keraton-sekar-jagat-klaten3

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Camat Prambanan Suhardi melakukan peninjauan ke lokasi padepokan Keraton Agung Sejagad cabang Klaten yang berada di Desa Brajan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jumat (17/1). Hal itu dilakukan usai mendengar bahwa cabang Keraton Agung Sejagad ada di wilayahnya.

Dia datang bersama aparat kecamatan untuk melihat langsung lokasi padepokan yang digunakan sebagai tempat pertemuan anggota. Di lokasi tersebut benar ditemukan prasasti batu besar, ada juga batu di sumber air yang bertuliskan ‘’Sendang Panguripaning Jagad’’ dan simbol-simbol keompok yang ada di sana. Dia juga sempat menanyai sejumlah warga.

Baca : Pakai Drone Tim Gabungan Temukan Retakan di Bukit Putih Perbatasan Klaten-Gunung Kidul

‘’Sebelumnya, kami tidak curiga kalau ada keraton sejagad di Klaten, karena aktifitasnya di padepokan seni. Saya lihat di lokasi ada prasasti bergambar bola dunia di satu sisi, di sisi lain ada mata angin, di atas ada matahari dan di bawah gambar naga. Di bagian tengah ada tulisan tapi sedang dipugar jadi tidak terbaca,’’ kata Suhardi.

keraton-sekar-jagat-klaten4

Berdasarkan informasi dari warga, ternyata keraton Agung Sejagad cabang Klaten sudah mulai ada sejak tahun 2018 tapi tepatnya kapan sudah lupa. Prasasti batu yang ada didatangkan dari lereng Merapi yang dipahat. Warga mengira itu bagian dari kegiatan seni padepokan.

Baca : Ditemukan Terowongan Kuno di Cokro Tulung, Klaten

‘’Menurut informasi, dulu waktu peletakan batu pertama dan peresmian dihadiri Ratu dari Purworejo yang sudah ditangkap polisi. Saat ini, seragam kelompok ini juga sudah diamankan aparat kepolisian. Anggotanya menjadi tertutup sulit ditemui,’’ ujar Suhardi.

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan