REI Sambut Hangat Sosialisasikan Aplikasi SiKasep

program-sikasep

SOLO,suaramerdekasolo.com – Para pengembang di Soloraya yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) menyambut baik pemberlakukan aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan.

Hal itu terungkap dalam Pelatihan dan Sosialisasi SiKasep yang digelar di Solo, Kamis (16/1). Selain mendengarkan paparan tentang apa itu SiKasep dan SiKumbang (Aplikasi Sistem Informasi Kumpulan Pengembang), para peserta juga mencoba aplikasi SiKasep tersebut, melalui android atau netbook yang dibawa.

Ketua REI Komisariat Soloraya Anthony Abadi Hendro mengatakan, banyak manfaat yang didapat bagi para pengembang yang membangun perumahan subsidi, bagi konsumen atau calon pembeli rumah, dan perbankan penyalur KPR (kredit pemilikan rumah).

Dalam sistem tersebut, pengembang bisa menyediakan produk unit perumahan yang ditawarkan secara real time atau seketika. Para pengembang diharapkan dapat memasok data perumahan yang dibangun secara lengkap, baik yang sudah tersedia, sedang dibangun, maupun rencana pembangunan ke depan.

Bagi konsumen atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), kata Anthony, melalui aplikasi ini mereka dapat melakukan proses bisnis yang terhubung langsung dengan bank pelaksana dan pengembang sebagai penyedia hunian, dalam penyaluran dana fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan-Red (FLPP).

Dan bagi bank pelaksana, lanjut dia, proses bisnis yang dilakukan dapat lebih singkat karena sistem tersebut dilakukan secara real time. Sehingga mempermudah bank pelaksana mengindentifikasi capaian proses bisnis FLPP yang tersebar dari sisi penyedia perumahan.

“Semua serba transparan, mudah, cepat, dan ada kepastian. Konsumen bisa melihat secara langsung atau secara online, proses aplikasi kredit yang dilakukan perbankan, sampai dimana” kata Anthony, usai sosialisasi.

Lebih lanjut Anthony mengatakan, di 2020, mulai 1 Januari, masyarakat berpenghasilan rendah bisa melakukan akad kredit dengan menggunakan aplikasi Sikasep. Demikian juga dengan permintaan pembayaran dana FLPP melalui sistem e-FLPP dari bank pelaksana dilayani oleh PPDPP mulai 15 Januari.

“Permintaan awal pembayaran dana FLPP dengan harga baru 2020 melalui sistem ini akan dilayani mulai 16 Maret. Permintaan itu dilengkapi surat pernyataan bahwa permintaan/tagihan fasilitas KPR Sejahtera dari dana FLPP dengan ketentuan harga lama 2019,’ katanya.

Tinggalkan Pesan