Hari Kelima, 59 Orang Daftar Calon PPK Pilwakot Solo 2020

reakpitulasi-pendaftar-ppk-kpu-solo
GRAFIS

*Terbanyak Pendaftar Dari Kecamatan Banjarsari

SOLO,suaramerdekasolo.com – Sampai dengan hari kelima pendafaran calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk pemilihan wali kota (pilwalkot) 2020, Rabu (23/1). KPU Kota Surakarta mendata ada 59 orang sudah mendaftar diri sebagai calon anggota PPK. Jumlah pendaftar PPK pria 43 orang dan wanita 16 orang.

Jumlah pendaftar terbanyak berasal dari Kecamatan Banjarsari yakni total 22 orang diikuti Jebres 14 orang. Ketua KPU Kota Surakarta, Nurul Sutarti mengatakan, hasil rekapitulasi pendaftaran calon anggota PPK Pilwakot ditutup pada pukul 16.00 WIB.

“Bagi masyarakat yang memenuhi syarat, siapapun itu kami persilahkan untuk mendaftar. Persyaratan umum diantaranya warga negara Indonesia, berusia minimal 17 tahun, setia kepada pancasila dan seterusnya,” katanya.

Nurul menyatakan, jadwal pembukaan pendaftar penyelenggara pemilu tingkat kecamatan ini dimulai pada, Sabtu (18/1) sampai dengan Jumat (24/1). Berdasarkan dengan data rekapitulasi tersebut, Nurul mengatakan, animo masyarakat cukup tinggi. Dengan meningkatnya animo masyarakat KPU meminta ada komitmen dari pendaftar agar melaksanakan seleksi sampai akhir.

“Kami akan mengumumkan yang lolos seleksi tertulis. Kemudian kita persilahkan masyarakat untuk menanggapi jika ada calon yang dianggap tidak layak menajdi PPK. Jika tidak ada tanggapan dilanjutkan wawancara,” ujarnya.

KPU, lanjut Nurul, memberi kesempatan luas kepada masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai PPK. Lembaga penyelenggara pemilu juga memberi kesempatan yang sama kepada masyarakat untuk memberi tanggapan terhadap calon PPK yang mendaftarkan diri. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan