Siswa SD Muhammadiyah Pracimantoro Belajar dari Perajin Janur

kerajinan-janur-sd-muhammadiyah-pk-pracimantoro
KERAJINAN JANUR : Para siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Pracimantoro mempelajari kerajinan janur di balai Dusun Blindas RT2 RW5 Desa/Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Selasa (21/1). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Pracimantoro belajar membuat kreasi janur di balai Dusun Blindas RT2 RW5 Desa/Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Selasa (21/1). Mereka belajar langsung dari warga yang sudah terampil membuat kerajinan janur di dusun tersebut.

Kepala SD Muhammadiyah Program Khusus Pracimantoro Tri Istanto mengatakan, kegiatan itu merupakan realisasi program workshop. “Workshop merupakan salah satu program yang sekarang menjadi keunggulan sekolah kami,” katanya.

Melalui program workshop, para siswa dibawa ke luar sekolah untuk belajar langsung bersama masyarakat lingkungan sekitar. Kebetulan, di Dusun Blindas, Desa Pracimantoro ada tokoh masyarakat yang memiliki keterampilan membuat kerajinan berbahan baku janur. Mereka adalah Wanto yang berprofesi sebagai pegawai TU SMA 1 Pracimantoro dan Tusiran yang berprofesi sebagai Satpam SMA 1 Pracimantoro.

Wali kelas dan guru kemudian mengajak murid-murid kelas 2 SD Muhammadiyah Program Khusus Pracimantoro untuk menimba ilmu dan pengalaman dari ke dua tokoh perajin janur tersebut.

Para siswa terlihat antusias mengikuti arahan Wanto dan Tusiran. Banyak kreasi yang mereka hasilkan, seperti kerajinan janur berbentuk bintang, keris, burung, ketupat, dan sebagainya.

Kegiatan workshop itu akan terus dilaksanakan di semua kelas SD Muhammadiyah Program Khusus Pracimantoro. Adapun materi dan sumber yang akan diberikan berbeda-beda, semikian juga dengan lokasi workshop tersebut. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan