Siapkan Jas Hujan dan Payung, Solo Raya Mulai Turun Hujan

bmkg-perkirakan-hujan-sangat-renda
FOTO ILUSTRASI/megapolitan.kompas.com

SEMARANG,suaramerdekasolo.com – Setelah beberapa hari ini hampir seluruh wilayah di Jateng terik dan panas pada malam dan siang hari. Mulai beberapa hari ke depan mulai, Kamis (23/1) diperkirakan nyaris seluruh kawasan Jateng, dan khususnya Solo Raya bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Oleh karena itu bagia masyarakat yang hendak bepergian tetap siap sedia jas hujan dan payung, dan tetap hati-hari di jalan.

Seperti BMKG Jateng-Stasiun Klimatologi Semarang yang dilansir, Kamis (23/1) malam menyebutkan, berdasarkan data cuaca yang diamati di Stasiun Meteorologi Achmad Yani Semarang pada 23 Januari 2020 pukul 18.00 WIB, Semarang berawan.

Baca : Suhu Kota Solo dan Yogyakarta Panas, Pola Angin Berubah Penyebab Jateng Tak Turun Hujan

Jawa Tenganh umumnya cerah, berawan dan potensi hujan ringan tidak merata (lokal) antara awal malam menjelang tengah malam.

“Perkiraan ini berlaku selama 12 jam mulai pukul 19.00 WIB,” terang Forecaster on Duty, Stasiun Meteorologi Achmad Yani Semarang, Giyarto.

citra-satelit-cuaca-jawa

Sementara itu, berdasarkan data prakiraan cuaca umum Jateng menunjukkan wilayah Jateng mulai dari Cilacap, Wonosobo, Temanggung, Ambarawa, Salatiga, Semarang, Solo Raya hingga Blora mengalami hujan ringan.

Baca : Petinggi Sunda Empire Tampil, Suasana ILC TV One Langsung Sumringah

Wilayah Solo Raya yang diperkirakan hujan ringan adalah Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Solo dan Sragen.

Sebelumnya, Tak adanya awan di angkasan diduga menjadi penyebab bulan Januari uang semestinya sebagai musim penghujan menajdi panas seperti musim kemarau.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Mlati, Reni Kraningtyas menjelaskan, penyebab dari fenomena ini dipicu oleh pola angin.

“Jadi cuaca kali ini dipengaruhi oleh pola angin Barat Daya yang membentuk berairan (divergen) di Jawa, sehingga pembentukan awan hujan di Yogyakarta sangat kecil,” paparnya.(Budi Santoso)

Baca : Musim Hujan di Wonogiri Terjeda, Ini Penyebabnya

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan