Pelaku Pencuri ATM Lampung Ditembak Aparat Polres Wonogiri

pnipuan-nasabah-bank
MENYANYAI TERSANGKA : Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing menyanyai tersangka penipu nasabah pengguna ATM di Polres Wonogiri, Jumat (24/1). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Satreskrim Polres Wonogiri berhasil menangkap pelaku pencuri uang ATM, 11 Januari lalu di Lampung. Tersangka bernama Istiarto (34) warga Plasemen RT2 Desa Rejosari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan itu terpaksa ditembak kakinya karena berusaha melarikan diri.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing didampingi Kasatreskrim AKP Purbo Adjar Waskito mengatakan, setelah diinterogasi dan dilakukan pengembangan, tersangka ternyata mencuri uang dari sejumlah ATM di wilayah Jateng dan Yogyakarta. “Kami telah menangkap tersangka pencurian ATM dengan modus menipu nasabah pengguna ATM,” kata Kapolres, Jumat (24/1).

Baca : 7 Pesilat Ditangkap Polda Jateng, Lakukan Pengeroyokan di Kartasura

Tersangka melakukan aksinya sejak tahun 2018-2019. Aksinya dilakukan pada 11 ATM di wilayah Purwokerto, Banyumas, Magelang, Yogyakarta, Klaten, Wonogiri, Boyolali, dan Sukoharjo. Pria itu telah menguras uang nasabah hingga puluhan juta rupiah.

Kapolres menerangkan, saat menjalankan aksinya, tersangka terlebih dahulu mengincar nasabah yang hendak menggunakan ATM. Dia ikut mengantri di belakang korban yang dia anggap mudah ditipu atau orang lanjut usia.

Tersangka berpura-pura membantu korban saat di ATM. Tersangka juga menipu korbannya kalau kartu ATM tersebut tertelan mesin ATM. Saat lengah, tersangka menukar kartu ATM milik korban dengan kartu ATM lain. Dengan cara itu, tersangka leluasa menguras isi tabungan korbannya. “Tersangka punya banyak kartu ATM bekas yang akan ditukar dengan kartu ATM korbannya,” terang Kapolres.

Baca : Pilkades Karanganyar Menghangat, Cakades Dicoret Lapor Polisi

Polisi yang menerima laporan itu kemudian melakukan penyelidikan, mengumpulkan barang bukti, menghimpun keterangan saksi dan memeriksa rekaman kamera CCTV.

Setelah mengetahui identitas tersangka, Satreskrim Polres Wonogiri kemudian melakukan penangkapan di Lampung, 11 Januari lalu. “Tersangka mencoba melarikan diri. Karena itu dia kami lumpuhkan dengan tembakan di kaki,” imbuhnya.

Saat diperiksa, Istiarto mengaku mendapatkan ide dari melihat video Youtube. “Saya belajar dari Youtube, tahun 2015,” katanya. (Khalid Yogi)

Baca : Bandara Pindah Kulonprogo, Maskapai Mulai Umumkan Pindah ke Bandara Solo

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan