Gowes Syiar Untuk Muktamar Muhammadiyah Ke-48 Di Solo

0
muktamar-muhammadiyah
PESERTA GOWES - Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais (kanan) mengibarkan bendera start untuk berangkatkan peserta gowes menyambut Muktamar Muhammadiyah Ke-48 di Solo, dari halaman Masjid Raya Al Falah Jl. Raya Sukowati, Sragen, kemarin.(suaramerdekasoloc.om/Anindito AN)

SRAGEN,suaramerdekasolo.com – Muktamar Muhammadiyah ke-48, bakal digelar di Solo 1-5 Juli 2020 mendatang. Agar masyarakat mengetahui bakal adanya perhelatan akbar itu, panitia melakukan syiar diantaranya dengan cara menggelar gowes dari Sragen menuju Solo, Minggu (26/1) pagi, kemarin. Gowes juga akan dilaksanakan bergiliran di wilayah Kabupaten/Kota di Soloraya, tiap akhir bulan.

Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais didampingi PDM Sragen Abdullah Affandi melepas 300 peserta gowes dari Sragen ke Solo dari halaman Masjid Raya Al falah Jl. Raya Sukowati, Sragen.

Baca : Jutaan Warga Muhammadiyah akan ”Banjiri” Solo

Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais mengungkapkan, Muktamar Muhammadiyah akan di gelar di Solo 1 – 5 Juli 2020 diikuti 5.000 peserta dari penjuru tanah air. ”Namun penggembira yang akan hadir diperkirakan bisa mencapai 1 juta orang lebih,” tutur Dahlan Rais, sebelum melepas ratusan peserta Gowes di halaman Masjid Raya Al Falah Sragen, kemarin.

Karena banyaknya peserta yang akan hadir, lanjut Dahlan Rais panitia bersilaturahmi untuk kulonuwun kepada pemerintah dan masyarakat, termasuk menghadap Walikota Solo, Bupati Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Klaten, Boyolali dan Sragen.
”Semuanya memberikan dukungan,” tuturnya.

Selama gowes berlangsung, Dahlan Rais minta agar peserta tidak menutupi jalan karena digunakan masyarakat. Diantara ratusan peserta gowes ada peserta bersepeda yang membawa panji-panji bendera simbol Muhammadiyah. Gowes pertama dilaksanakan Pengurus PD Muhammadiyah Sragen. Kegiatan berikutnya gowes dilaksanakan bergilir oleh Pengurus PD Muhammadiyah kabupaten di wilayah Soloraya, secara bergiliran setiap akhir bulan. Gowes pertama start dari Sragen dalam pengawalan petugas Satlantas, Reskrim dan Satuan Intelkam Polres Sragen berjalan dari Sragen menuju ke Solo, kemarin berjalan lancar.

Baca : PP Muhammadiyah Sebagai Mitra Strategis Dalam Harkamtibmas

Sebagai Syiar

Ketua Panitia Gowes Untuk Muktamar Taufik Nugroho mengatakan kegiatan gowes sebagai syiar untuk memperkenalkan ke khalayak akan adanya muktamar melalui road show ke tujuh kabupaten/kota di Soloraya. Gowes pertama dilaksanakan dari Sragen Minggu (26/1), kemarin. Ratusan peserta bersepeda berangkat dari halaman Masjid Raya Al Falah menuju Car Free Day (CFD) Sragen. Selanjutnya peserta menuju Masaran untuk istirahat dan pembagian hadiah doorprize. Rombongan melanjutkan perjalanan menuju Palur, Kabupaten Karanganyar serta ke Solo dengan finish di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Pabelan, Solo.

Bulan berikutnya Gowes serupa syiar memperkenalkan kegiatan muktamar akan dilaksanakan di Karanganyar, kemudian di Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Boyolali dan Solo, sampai acara kegiatan Muktamar Muhammadiyah Ke-48 itu dilaksanakan.

Baca : Begini Cara SD Muhammadiyah 1 Peringati Hari Inovasi

Dikatakan Muhammadiyah memiliki 30 cabang di luar negeri. Diantaranya di Korea Selatan, Mesir, China, Malaysia, Taiwan dan Amerika. ”Mereka akan datang untuk memeriahkan muktamar,” tuturnya. Menurut versi Taufik Nugroho, peserta muktamar dan penggembira diperkirakan mencapai 1,4 juta orang. Karena banyaknya peserta, panitia mohon maaf kalau merepotkan masyarakat. Namun panitia juga berharap warga masyarakat Solo ikut berpartspsi dalam kegiatan besar muktamar itu.(Anindita AN)

Baca : Peduli Korban Banjir, Siswa SD Muhammadiyah PK Solo Kumpulkan Donasi

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan