Dampak Mewabahnya Virus Corona, Seluruh Wisatawan Tiongkok Dipulangkan Lebih Cepat

0
wisatawan-tiongkok-dipulangkan
THERMAL SCAN : Petugas tengah menjelaskan cara kerja thermal scan untuk memeriksa penumpang pesawat yang dipasang di terminal kedatangan Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Senin (27/1). (suaramerdekasolo.com)

SOLO,suaramerdekasolo.com – General manager Bandara Internasional Adi Soemarmo Abdullah Usman mengatakan, wisatawan asal Kota Kunming Tiongkok yang datang melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo, Kamis (23/3) silam dipulangkan ke negeri tirai bambu lebih awal dari jadwal, yakni Selasa (28/1).

Biasanya, para wisatawan yang dibawa oleh travel agent PT Cahaya Matahari Rembulan itu menginap hingga sepuluh hari, untuk berkeliling dan berwisata di berbagai kota Jawa Tengah khususnya di Solo dan sekitar. Selain mempercepat pemulangan wisatawan yang ada di Indonesia, para wisatawan dari Tiongkok juga dilarang datang dan berwisata ke sini.

Baca : Dampak Virus Corona, Asita Jateng : Tutup Akses Pariwisata Dari Tiongkok

Menurut Abdullah Usman, larangan kedatangan itu bisa dilakukan oleh maskapai maupun regulator, dalam hal ini Kementerian Perhubungan. Lagi pula, pemerintahan di Tiongkok sana juga telah melarang warganya berwisata jauh-jauh ke luar negeri, guna mencegah persebaran virus corona ke berbagai penjuru dunia.

“Sebenarnya Kota Kunming itu jaraknya sangat jauh dari Kota Wuhan, dimana virus corona berasal dan mulai menyebar. Namun karena ini masalah virus dan masalah penyakit yang persebaramnya begitu cepat, maka kami perlu berjaga-jaga dan melakukan antisipasi,” kata Usman, ketika memberi penjelasan pada sejumlah wartawan di terminal bandara setempat, Senin (28/1).

Usman berharap, persoalan virus corona dari Tiongkok yang telah menyebar ke berbagai belahan bumi bisa segera teratasi. Sehingga bisnis pariwisata di Solo dan Jawa Tengah bisa normal kembali. Selain rute yang sudah ada, yakni rute Solo-Kumning, sebenarnya pihak bandara dan PT Cahaya Matahari Rembulan hendak memperluas atau menambah rute penerbangan lainnya dari Solo ke Tiongkok, karena pasarnya terbuka luas.

Baca : Penerbangan JT-2740 Guangzhou ke Manado dan Penanganan Seorang Penerjemah Bahasa, Ini Penjelasan Resmi Lion Air

Seperti ke Hainan, Changsha, Nanchang, Nanjing, dan lainnya. “Karena ada masalah ini, ya kita hentikan dulu. Kalau virus sudah teratasi dan aman, kita mulai lagi,” kata Usman.

Sementara itu, Direktur PT Cahaya Matahari Rembulan Pupun Pantiana Gunmantono siap memulangkan seluruh wisatawan Tiongkok yang telah dibawanya ke Indonesia, khususnya yang datang melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo. Pihaknya juga bersedia untuk tidak mendatangkan wisatawan Tiongkok ke Indonesia, seperti imbauan pemerintah, sampai persoalan virus corona selesai.

“Karena kasus virus corona ini, pemerintah China melarang travel agent setempat membawa rombongan wisatawan ke luar negeri atau mendatangkan rombongan wisatawan luar negeri ke China,” kata Pupun yang kini tinggal di Tiongkok bersama keluarganya.(Vladimir Langgeng)

Baca : 7 Penumpang Lion Air dari Changsha Tujuan Manado Negatif Terjangkit Virus Corona

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan