Cukup Tempelkan Sidik Jari, Pengunjung Tahu Data Napi Ruang Pelayanan Terpadu Rutan Wonogiri

0
deklarasi-zona-integritas1
TANDA TANGAN : Para kepala unit satuan kerja Kemenkumham Kanwil Jateng se-Ekskaresidenan Surakarta membubuhkan tanda tangan deklarasi zona integritas di Rutan Kelas IIB Wonogiri, Selasa (28/1). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Wonogiri membuat terobosan untuk meningkatkan pelayanan kepada warga binaan dan masyarakat pembesuk. Mereka membuka ruang pelayanan terpadu agar pihak keluarga atau pembesuk bisa mengetahui informasi mengenai narapidana atau warga binaan Rutan tersebut.

Kepala Rutan Kelas IIB Wonogiri, Urip Dharma Yoga mengungkapkan, pengunjung sebelumnya terpaksa antre menunggu di bawah tenda depan Rutan.

“Sekarang, kami membuat Ruang Pelayanan Terpadu di depan Rutan,” katanya usai mengikuti apel deklarasi janji kinerja 2020 dan pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Unit Satuan Kerja eks-Karesidenan Surakarta di Rutan Wonogiri, Selasa (28/1).

Para pengunjung tidak harus masuk ke Rutan atau bertemu dengan petugas untuk melihat data kerabat mereka yang menjadi warga binaan. Tetapi cukup menempelkan sidik jari di alat pemindai.

deklarasi-zona-integritas2

Setelah itu, layar komputer akan menunjukkan data-data warga binaan. “Pihak keluarga harus meregistrasi sidik jarinya dulu. Setelah teregistrasi, mereka bisa menggunakan sidik jari untuk mengetahui berapa lama sisa masa tahanannya, apakah sudah dua per tiga masa tahanan, apakah sudah mendapat remisi, dan sebagainya,” terangnya.

Dengan demikian, interaksi dengan petugas bisa dikurangi, sehingga meminimalisasi komunikasi-komunikasi yang tidak baik antara pengunjung dengan petugas.

Terobosan itu merupakan salah satu upaya untuk meraih predikat WBBM. “Tahun kemarin kami sudah berhasil meraih WBK. Mudah-mudahan tahun ini bisa meraih WBBM,” harapnya.

Sementara itu, deklarasi Janji Kinerja 2020 dan pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM tersebut diikuti para kepala Unit Satuan Kerja se-Ekskaresidenan Surakarta. Antara lain Lapas Kelas IIA Sragen, Imigrasi Kelas I TPI Surakarta, Lapas Kelas IIB Klaten, Rutan Kelas I Surakarta, Bapas Kelas I Surakarta, Rutan Kelas IIB Wonogiri, Rutan Kelas IIB Boyolali, Bapas Kelas II Klaten, Rupbasan Kelas I Surakarta, Rupbasan Kelas II Sragen dan Rupbasan Kelas II Wonogiri.

deklarasi-zona-integritas3

Kegiatan juga dihadiri Asisten Sekda Kabupaten Wonogiri Bambang Haryadi, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, Kasdim 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar, Kajari Wonogiri Agus Iriawan Yustisianto, dan ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Mohammad Istiadi. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan