Berburu Durian di Tirtonadi

0
festival-durian-terminal-tirtonadi-solo

SOLO,suaramerdekasolo.com – Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta mengadakan festival durian season 2. Festival ini diadakan dari tanggal 1 hingga 4 Februari mendatang. Pesta durian ini bertempat di lantai 2 Terminal Tipe A Tirtonadi.

Acara ini sebagai pekan gembira yang diperuntukkan bagi masyarakat untuk berburu durian yang murah meriah. Beragam durian yang dijual didatangkan dari Matesih, Tawangmangu, Kalioso, dan Bengkulu. Harga durian berkisar dari 20 ribu hingga 200 ribu, bergantung ukuran dan jenis durian. Variasi harga tidak mempegaruhi segi rasa.

“Kalau dari segi rasa itu sama manisnya.” kata Tirto, penjual durian. Ia mengaku durian yang ia jual adalah durian milenial, yang belum tersentuh tangan sebelum matang dengan kata lain durian yang jatuh sendiri dari pohon.

Baca : Catat Tanggalnya, Ajang Festival Durian Tirtonadi Sesason 2 Bakal Lebih Semarak

Ria, salah satu pengunjung merasa senang dengan diadakannya festival ini. Menurutnya durian yang dijual termasuk murah.

“Ini tadi beli harga 45 ribu, kalau di luar bisa sampe 70 ribu.”
Tak sekadar makan durian, pengunjung dapat menikmati musik yang disuguhkan sebagai hiburan.

Festival sesi kedua ini dikemas meriah dengan berbagai stan dari pedagang kaki lima (PKL) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ikut memeriahkan festival kali ini. Pendirian stan tidak dipungut biaya,
“Bagi yang berminat silakan kalau mau mendirikan stan gratis.” tutur Koordinator Satuan Pelayanan, Jamaludin.

Di puncak acara, Selasa depan akan ada gunungan durian yang digratiskan kepada masyarakat. Selain itu, ada durian dalam kemasan cup yang juga akan dibagikan kepada masyarakat secara gratis. Pada tahun kemarin ada 150 durian dan 300 cup durian yang dibagikan.

Sedangkan tahun ini akan lebih banyak atau minimal lebih dari tahun kemarin. Acara penutupan festival disesuaikan dengan stok durian yang ada.
“Jika stok duriannya banyak penutupan Selasa siang, tapi kalau stoknya sudah menipis maka Selasa pagi sudah bisa ditutup.” lanjutnya.

Baca : 46.270 Pelamar CASN Ikuti Seleksi di UNS

Maksud dan tujuan utama dari festival ini yakni untuk menarik masyarakat datang ke terminal guna masyrakat kembali ke transportasi massal yaitu bis. Selain itu juga untuk menyosialisasikan skybridge yang ada, agar masyarakat tahu fasilitas yang ada di Tirtonadi.

“Pokoknya ya agar masyarakat lebih dekat guna mengembalikan transportasi darat tertarik menggunakan transportasi transportasi massal yaitu bus.” tutur Joko Sutriyanto, Koordinator Satker Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Sabtu (1/2).(Budi Santoso)

Baca : Resah Tempat Mangkal PSK, Warga Pasang Spanduk Larangan di Barat TerminalBarat

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan