Menolak Dipanggil Suhu

iman-santoso
FOTO DIRI : Iman Santoso, webmaster Solo raya (suaramerdekasolo.com/dok)

ERA serba digital seperti sekarang ini mengharuskan orang-orang zaman now melek internet. Dari ibu-ibu, anak-anak, remaja sampai lansia setidaknya akan berhadapan dengan saban hari.

Berkaca pada perkembangan dunia seperti itu Iman Santoso semakin mengasah dirinya untuk memanfaatkan peluang perkembangan dunia digital ini agar mendatangkan fulus.

Warga Jalan Perum Polri Gedongan Baru RT. 03 RW 10 Blok B9, Desa Gedongan, Colomadu, Karanganyar ini mulai memberanikan diri membuka usaha rumahan dengan berbekal izin perusahaan mikro untuk membuka jasa pembuatan website atau situs.

Baca : Dibuka Sejak Sabtu, 5.000 Durian Ludes Terjual

Padahal secara pendidikan formal, pria berkacamata ini tidak memiliki sertifikat mentereng dalam dunia maya ini.
“Saya belajar otodidak dengan sejumlah teman sejak 2010. Ya dulu saya pernah mengetahui sedikit tentang coding, dan akhirnya kondisi situasi yang memaksa saya harus bisa membuat situs atau website sendiri,” terangnya, Senin (3/2).

Bapak dua anak yang mengandalkan jalan kaki dengan dua tiang penyangga ini mengungkapkan bisnis jasa website ini memang spesifik. Tidak sembarang orang bisa membuatnya atau mengopersionalkannya. Bahkan perusahan bersar, lembaga pendidikan dan pemerintahan yang membutuhkan fasilitas ini untuk terjun ke dunia maya harus memakai tenaga khusus untuk mengelolanya. Hasil dari jasa ini juga tidak besar-besar amat.

“Ini yang kadang bikin miris, karena keahlian membuat website ini tidak ada sekolahnya. Sayangnya nominal yang diterima tidak sebesar karya yang dibuat hehe,” ucapnya sambil terkekeh.

Baca : Kartu Kredit Customer Bank Diduga Dibobol Hackers, Kerugian Capai Rp 134 Juta

Otodidak

Sosok yang jago dengan program internet dan media sosial ini mengaku di Indonesia jumlah webmaster (ahli web/situs) tidak banyak. Mereka pun ogah menonjolkan diri ke publik.

“Ya itu mengapa orang-orang ini disebut ahlinya atau suhunya website. Nah kalau saya, tidak,” ungkapnya.

Baca : Mau Dapat uang Plus Penghargaan, Ikuti Sayembara ini

Bagi Iman, bila sebuah kemauan ide dan tujuan diseriusi akan membuka peluang pekerjaan baru dan tentu saja akan menghasilkan duit. Nah di dunia maya ini, bisa menjadi peluang untuk itu.

“Ya tinggal kemauan saja sih, semua sudah tersedia di internet. Toh pun kalau ingin tanya-tanya tentang dunia ini banyak yang bersedia dan rata-rata gratis. Coba dulu saja,” imbau pembuat sejumlah situs besar di Solo Raya ini. (Budi Santoso)

Baca : Wabah Virus Corona Masuk Status ‘Darurat Kesehatan Global’

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan