Kehadiran Teater Graha Purbo Waseso Kencono Bakal Perkuat Destinasi Wisata Candi Prambanan

0
Teater-Graha-Purbo-Waseso-Kencono
SENDRATARI : Pertunjukkan Sendratari Roro Jonggrang yang digelar saat pembukaan gedung Teater Graha Purbo Waseso Kencono di Jalan Manisrenggo km 1, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Klaten, Senin (3/2/2020) malam. suaramerdekasolo.com/dok)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Candi Prambanan Klaten Jateng menjadi salah destinasi wisata yang menjadi jujugan wisatawan nasional dan internasional.

Destinasi wisata yang terletak di perbatasan Jateng dan Diy ini bakalan moncer menyusul dibukanya gedung Teater Graha Purbo Waseso Kencono di Jalan Manisrenggo km 1, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Klaten.

Gedung pertunjukkan seni dan budaya yang dibangun perusahaan Galuh Grup fokus dalam menyajikan berbagai pertunjukkan tradisional Jawa.

Sejumlah fasilitas unggulan yang tentunya bercita rasa seni tinggi dan modern adalah Gedung teater penuh nuansa seni namun terlihat modern adanya fasilitas LCD.

Lalu gedung berkapasitas sekitar 250 tempat duduk, didesain seperti gedung bioskop yang full AC .

“Gedung ini dibuat untuk mengangkat seni seni yang ada di Jawa,” kata One Krisnata, pemilik Galuh Grup saat pembukaan gedung teater, Senin (3/2/2020) malam.

Kegiatan seni berupa sendratari atau ketoprak sudah banyak hanya digelar di jalan atau di desa desa. Ia ingin mengangkat kembali kejayaan seni tersebut layaknya yang dijalankan negara maju yakni, Italia yang memiliki gedung opera, dan Amerika ada gedung teater.

Sehingga, di Jawa semestinya mulai menghargai seni tradisionalnya sendiri dengan memberikan tempat manggung yang layak. Sebab jika sudah tak ada kepedulian terhadap budaya karakter Jawa, pihaknya khawatir lama kelamaan identitasnya menjadi dilupakan.

Dunia Pariwisata

Dengan adanya gedung teater pertunjukkan yang layak, komunitas seni sendratari, ketoprak, dan lainnya dapat memanfaatkannya. Dengan diberikan tempat yang layak untuk tampil, dirinya yakin pertunjukkan juga semakin baik.

Tinggalkan Pesan