Dampak Banjir Merbabu, Jalur Pendakian Dialihkan

0
gunung-merbabu
FOTO/travelingyuk.com

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) merespon cepat dampak banjir di Pos 2 Merbabu (SM, 4/2). Yaitu dengan mengalihkan mengalihkan jalur di sekitar jalur pendakian di Pos

Pasalnya jalur yang ada rusak berat tergerus banjir, sehingga dinilai membahayakan pendaki jika dilintasi. “Langkah antisipasi perlu cepat dilakukan. Kami mengalihkan jalur pendakian, khususnya di jalur yang kemarin dialiri banjir tersebut ke sisi kiri dari jalur pendakian sebelumnya,” ujar Kasubag TU BTNGMb, Johan Setiawan.

Dijelaskan, pembuatan jalur baru dilakukan petugas Resort Selo bersama Relawan dan anggota MPA, MMP Selo. Tak hanya itu saja, mereka juga memasang plang atau papan larangan mendirikan tenda di aliran air sekitar shelter Pos 2.

“Larangan ini untuk menghindari korban jika suatu saat terjadi banjir lagi di lokasi tersebut.”

Pihaknya juga merobohkan shelter di Pos 2 Pandean jkarena rusak diterjang banjir yang terjadi sebelumnya. “Shelter tersebut digunakan para pendaki untuk berteduh saat hujan lebat turun. Padahal posisi shelter tersebut tepat pada aliran banjir.”

Seperti diberitakan, para pendaki Gunung Merbabu dikagetkan adanya aliran air deras di Pos 2 Merbabu. Kejadian pada Minggu (2/2) bahkan sempat viral di media sosial. Beruntung tidak ada pendaki yang mengalami luka dalam kejadian tersebut.

Akibat kejadian tersebut, sejumlah pendaki memutuskan tidak melanjutkan pendakian. Selain dibayangi rasa was- was, baju yang dipakai para pendaki basah terkena banjir. Bahkan, baju pengganti di dalam tas pun ikut basah. (Joko Murdowo)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan