Inilah Cara Agar Kambing Tak Dimangsa Hewan Buas

0
ternak-kambing
MEMERIKSA KAMBING : Para petugas memeriksa ternak kambing yang terluka di Desa Ngambarsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Senin (10/2). (suaramerdekasolo.com/Dok)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Peristiwa puluhan kambing yang terbunuh secara misterius di Desa Ngambarsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri beberapa hari ini memunculkan kekhawatiran.

Oleh karenanya, aparat keamanan, pemerintah desa dan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Solo menerangkan beberapa cara untuk mengantisipasi serangan hewan buas.

Kepala Desa Ngambarsari Fitri Hanani mengatakan, berita puluhan kambing yang mati secara misterius di desanya telah menjadi viral. “Ada beberapa cara untuk mengurangi atau mencegah terjadinya korban lagi dan menghadapi serangan hewan liar yang memangsa domba dan kambing,” katanya, Senin (10/2).

Salah satunya dengan memberi pewarna merah pada kambing domba atau gibas. Pasalnya, sebagian besar korban di desa itu adalah kambing jenis domba atau gibas.

Selain itu, para pemilik ternak diminta memasang papan di sekeliling kandang. Tujuannya agar kandang tidak bisa dimasuki hewan liar.
Para pemilik ternak juga diminta memasang lampu penerangan di sekitar kandang.

“Semoga ini bermanfaat agar warga bisa mengantisipasi,” harapnya.

Sebelumnya diberitakan, puluhan kambing di Desa Ngambarsari ditemukan mati secara misterius. Ternak-ternak tersebut mati terbunuh dengan sejumlah luka di tubuh.

Mereka mengalami luka bekas gigitan dan cabikan di bagian leher. Bangkai kambing ditinggalkan begitu saja di kandangnya.

Kematian puluhan ternak kambing itu terjadi sejak Jumat malam (7/2). (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan