Jangkauan KA Bandara Bias Diperluas ke Klaten, Uji Coba Berjalan Mulus

uji-coba-kereta-baru
KERETA BARU: Kereta api Bandara Bias yang diujicoba PT KAI dan Kemenhub sampai di Stasiun Klaten, Selasa (11/2). (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Jangkauan KA Bandara Intesnasional Adi Sumarmo (Bias) yang semula hanya melayani rute Solo-Bandara diperlebar sampai ke Kabupaten Klaten. Ujicoba operasional kereta api kelas ekonomi itu berjalan mulus dari Klaten-Bandara Adi Sumarmo, Selasa (11/2).

Direktur Lalu-lintas dan Angkutan Kementerian Perhubungan, Danto Restyawan pada wartawan di sela ujicoba di Stasiun Klaten, Selasa (11/2) siang mengatakan ujicoba itu dalam rangka perluasan pelayanan sampai ke Klaten.

” Perpanjangan jangkauan kita rencanakan ujicoba selama dua hari dan nanti kita evaluasi,” jelasnya, Selasa (11/2).

Ujicoba diikuti jajaran Kemenhub dan PT KAI DAOP VI Yogyakarta. Danto mengatakan selama proses ujicoba operasional KA baru itu akan digratiskan. Namun setelah itu atau masuk awal bulan Maret sudah akan diberlakukan tarif resmi ke penumpang. Tarif yang akan dikenakan tentu yang tidak memberatkan masyarakat.

Namun besarnya berapa masih menunggu evaluasi karena perpanjangan itu pada dasarnya untuk menarik potensi. Sebab selama ini, KA bandara yang ramai penumpang paling banyak dari stasiun Purwosari dan Klaten. Potensi penumpang dari wilayah Kabupaten Klaten selama ini cukup potensial.

Ujicoba dan evaluasi akan terus dilakukan sampai akhir bulan ini. Rencananya di akhir bulan operasionalisasi KA itu akan diresmikan Presiden Joko Widodo. Hanya lokasinya di Klaten atau Solo belum ada keterangan resmi.

Jarak Tempuh

Danto menambahkan jarak tempuh Klaten sampai Bias sekitar 43 kilometer. Waktunya perjalanan kereta perkirakan sekitar satu jam dan kalau pun lebih hanya sedikit. Demikian juga saat kembali ke Stasiun Klaten.

Tinggalkan Pesan