Kunjungan Presiden ke Jatisrono Diundur Sabtu

kunjungan-presiden-wonogiri-batal1
BERSAMA WARGA : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menyalami warga saat mengunjungi Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, kemarin. (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Presiden Jokowi semula dijadwalkan berkunjung ke Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jumat (14/2). Namun, kunjungan tersebut kemudian diundur menjadi hari Sabtu (15/2).

Kepala Desa Jatisari Teguh Subroto mengungkapkan, Presiden direncanakan berkunjung ke desa itu Sabtu mendatang sekitar pukul 10.00. “Kegiatannya nanti berupa penanaman (pohon penghijauan). Kalau wawancara pembibitan dengan masyarakat insidental saja,” katanya usai menerima kunjungan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Kamis (13/2).

Presiden direncanakan menggalakkan penghijauan dengan sistem agroforestri, yakni perpaduan antara pertanian dan kehutanan. Adapun jumlah pohon yang akan ditanam rencananya lebih dari 50.000 batang. “Di antara tanaman pertanian ada pepohonan. Itu untuk mencegah erosi sekaligus meningkatkan produktifitas dan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Dia mencontohkan,  berbagai jenis empon-empon, kunyit, jahe, dan sebagainya bisa ditanam di antara pepohonan jati. Bisa juga dengan menanam tanaman buah-buahan seperti kelengkeng, durian, atau matoa.

kunjungan-presiden-wonogiri-batal2

Adapun kunjungan Menteri LHK sebagai persiapan kedatangan Presiden Joko Widodo dalam rangka penghijauan di desa tersebut.

Teguh mengungkapkan, Menteri LHK mengapresiasi pemerintah Desa Jatisari karena telah menerapkan sistem agroforestri terlebih dahulu. Pemerintah desa mengalokasikan dana sekitar Rp 20 juta untuk menanam buah-buahan dan tanaman keras, sehingga program desa sinkron dengan pemerintah pusat. “Kami juga membuat sumur bor, untuk antisipasi kalau terjadi kemarau panjang, sehingga meminimalisasi kegagalan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Presiden akan terlebih dahulu mengunjungi persemaian permanen di Kabupaten Karanganyar, Sabtu pagi. Selanjutnya Presiden rencananya berkunjung ke Desa Jatisari, Jatisrono, Wonogiri sekitar pukul 10.00.

Kesempatan itu juga akan digunakan untuk menggalakkan penanaman rumput vetiver atau akar wangi. Tanaman tersebut dapat mencegah erosi karena akarnya menghujam dengan kedalaman hingga tiga meter. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan