Bukit Sidoguro Bayat Longsor, 6 KK Mengungsi

longsor-bayat-klaten1

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Klaten, sejak siang telah menyebabkan terjadinya longsor di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Sabtu (15/2) malam. Kejadian tanah longsor berlangsung sekitar Tepatnya tadi sore jam 17.00 WIB. Longsor terjadi lagi sekitar Jam 18.20. Akibatnya enam kepala keluarga terpaksa mengungsi ke rumah famili hingga pukul 21.30 WIB.
Ancaman longsor terjadi di Dukuh Ngasemtobong RT 02/RW 20, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat yang ditinggali keenam KK yang mengungsi. 
Menurut Camat Bayat, Edi Purnomo longsor terjadi di Dukuh Ngasemtobong tepatnya di bawah Bukit Sidoguro. Longsor sebagian, tapi sudah mepet dengan bangunan rumah. Belum mengenai bangunan rumah, tapi sudah mepet dengab fondasi rumah.
”Untuk jaga-jaga manakala terjadi longsor maka penghuni rumah yang berdekatan dengan lokasi, sementara kami ungsikan di rumah saudaranya masih di wilayah Desa Krakitan, 4 KK yang kemungkinan akan terdampak apabila terjadi longsor maka sementara diungsikan di tempat yg lebih aman,” kata Edi Purnomo.

Tak lama setelah kejadian, dilakukn cek lokasi longsor oleh Kades Krakitan Nurdin, Kapolsek Bayat, Koramil Bayat, relawan Pandanaran, TRC PB BPBD Klaten, Bagana, dab PSDA.

”Longsor terjadi di sisi selatan Bukit Sidoguro, tepatnya di sebelah Utara warung apung Pondok Roso di sebelah timur rumah Kades Krakitan,” kata Wawan Sanuri, salah satu relawan Pandanaran, Bayat.

Sementara itu berdasar data yang dihimoun tim TTC BPBD Klaten dari Kades setempat, jumlah warga yang mengungsi terdiri atas keluarga Sapar (55th) berjumlah 5 jiwa dan keluarga Ramlan (60th) berjumlah 6 jiwa.

Rumah keduanya berada di tebing. Sapar  mengungsi ke Dukuh Batilan, Krakitan, sedangkan Ramlan mengungsi di Dukuh Brengosan.

longsor-bayat-klaten2


Untuk rumah yang terdampak longgor di bawah tebing ada 4 rumah. Mereka diberi arahan Kades untuk mengungsi agar terhindar dari bahaya longsor.

Keempat KK itu adalah Suwito (50th) jumlah keluarga 5 jiwa, Gini (60th) jumlah keluarga 5 jiwa, Bagio (50th) jumlah keluarga 4 jiwa dan Slamet Kamil (45th) jumlah keluarga 3 jiwa. Mereka mengungsi di rumah saudara masih satu RW.

Dandim 0723 Klaten Letkol Kav minarso dan Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo pun langsung hadir di tengah-tengah korban banjir dan memberikan perhatian sekaligus koordinasi dengan pihak terkait guna oenanganan pasca-bencana. (Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun


Tinggalkan Pesan