Kunjungi Tirtonadi, Menhub Dukung Lantai Atas Terminal Difungsikan sebagai Pusat Kreatif

menhub-kunjungi-tirtonadi2

SOLO,suaramerdekasolo.com – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengunjungi Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Sabtu (15/2). Dalam kunjungan tersebut, Menhub meninjau lantai atas terminal yang rencananya akan dibangun sebagai fasilitas umum dan komersial.

Di bawah hujan rintik-rintik rombongan Kemenhub, BPTD X Jateng dan DIY yang didampingi Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi mendengarkan paparan tim pembangunan lantai atas berikut meninjau fasilitas di terminal.

Usai rapat koordinasi di ruang rapat terminal Menhub menjelaskan, ada dua konsep yang bakal dikembangkan dalam pembangunan lantai atas

“Dari paparan Pak Joko (koordinator Terminal Tirtonadi Tipe A Joko Sutriyanto-red) lebih seni. Jadi terminal lantai dua bisa dijadikan kreatif center dan gedung komersialnya,” kata menteri.

Kreatif center ini nantinya, sebagian lantai dua dibangun arena olahraga, lapangan futsal. Tapi di sana juga dibangun kuliner center yang menyediakan 10 menu khas Solo.

“Ajang olahraga dan kuliner ini juga disediakan musik-musik sehingga pengunjung betah berada di terminal.”

menhub-kunjungi-tirtonadi1

Terkait pengembangan lantai atas sebagai pusat komersiil. Sesuai usulan nanti akan disiapkan fasilitas hall yang bisa dipakai untuk kegiatan hajatan, kegiatan yang mendatangkan publik.

“Gedung ini bisa bersifat komersial, sehingga bisa memberikan pemasukan,” katanya.

Menhub mengungkapkan pengembangan terminal dengan konsep kreatif center ini di Indonesia diterapkan di dua terminal. Terminal Tirtonadi dan Terminal Pekalongan, kalau di Pekalongan nanti pendekatanya pada unsur kelokalan di sana yang terkenal dengan produk batiknya.

Sementara itu, Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto mengungkapkan, usulan yang dipaparkan sebagian besar disetujui pemerintah pusat.

Guna memperkuat rencana tersebut ke depan pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Surakarta, organisasi-organisasi keolahragaan, pegiat event seni budaya.

“Kami akan rangkul semua pihak terutama Pemkot Surakarta sebagai pemangku wilayah di terminal ini, juga berbagai pihak. Agar ke depan fasilitas yang ada di terminal ini bisa bermanfaatkan bagi kota dan masyarakat luas, tapi tanla mengurangi tugas pokok dan fungsi terminal,” imbuh Joko. (*)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan