Presiden Jokowi Tanam Porang dan Akar Wangi di Jatisrono

jokowi-tanam-porang1
MENANAM PORANG : Presiden RI Joko Widodo menanam porang dan akar wangi saat berkunjung ke Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (15/2). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

*Kembangkan Sistem Agroforestri

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com– Presiden RI Joko Widodo memimpin aksi penghijauan dengan sistem agroforestri di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (15/2). Dia menanam porang dan akar wangi atau rumput veitiver di antara tegakan pepohonan.

Penghijauan dengan sistem agroforestri bisa mencegah erosi sekaligus menambah penghasilan bagi masyarakat. Pasalnya, masyarakat masih bisa menanam tanaman produktif di bawah naungan pepohonan keras.  Adapun rumput vetiver atau akar wangi mampu mengikat tanah pada lahan miring.

“Mudah sekali (menanam akar wangi). Tidak usah dirawat, tiga tahun akarnya sudah tiga meter. Semua waduk yang saya lihat, baik itu di Sulawesi, Jawa, Sumatera semuanya banyak sedimen. Diselesaikan dengan dikeruk itu keliru. Selesaikan dengan tanaman ini, sudah menyelesaikan masalah,” katanya.

Presiden juga memimpin aksi penanaman buah-buahan, seperti durian, kelengkeng, jambu mete, hingga matoa di desa tersebut. Jumlah bibit yang ditanam mencapai ribuan batang pohon pada lahan seluas tiga hektare.

Kegiatan itu juga dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Pangdam IV/Diponegoro Mochamad Effendi, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, dan kepala Desa Jatisari Teguh Subroto.

Kepala Desa Jatisari Teguh Subroto menerangkan, kombinasi antara tegakan pepohonan, tanaman buah-buahan, dan tanaman-tanaman di bawah naungan tersebut efektif mencegah erosi. Akar rumput vetiver sangat kuat dan mampu menghujam hingga tiga meter ke dalam tanah.

Tinggalkan Pesan