explore_wonogiri Melejit karena Mengorbitkan Wisata

explore_wonogiri 1
PUNCAK CUMBRI : Admin akun Instagram @explore_wonogiri Setiawan Triharjanto (kanan) bersama host MTMA Marshal Sastra saat berada di Puncak Cumbri, Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, beberapa waktu lalu. (suaramerdekasolo.com/Dok)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – @explore_wonogiri kini menjadi akun Instagram nomor satu di Kabupaten Wonogiri. Konsistensinya dalam mengorbitkan pariwisata dan potensi-potensi lokal membuatnya diikuti lebih dari 113.000 follower.

Pengelola atau admin @explore_wonogiri Setiawan Triharjanto (30) menuturkan, dia membuat akun tersebut tahun 2015 lalu dengan postingan pertama kali berupa sebuah foto sunset atau matahari tenggelam dari Puncak Gunung Gandul Wonogiri. “Kami berawal dari keprihatinan terhadap banyaknya potensi wisata yang belum dikenal,” katanya, Selasa (19/2).

Baca : Setelah JLK Selesai, Selanjutnya Jalan Lingkar Utara Wonogiri

Oleh karenanya, dia membuat akun Instagram @explore_wonogiri dengan makna ingin menjelajahi Wonogiri. “Niat kami pertama untuk memperkenalkan wisata dan sekadar hobi,” ujar warga Dusun Bulusari RT1 RW3 Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri tersebut.

Beberapa postingan pertama hanya repost atau mengirim ulang konten foto dan video dari akun lain. Lama kelamaan, banyak warganet menanyakan berbagai hal, seperti lokasi atau harga tiket dari obyek yang diposting tersebut.

Alhasil, dia pun mulai benar-benar mengeksplore dengan mendatangi dan mengumpulkan informasi tentang obyek-obyek wisata di Wonogiri.

Ari Winanto (31) tim pendukung @explore_wonogiri menambahkan, akun tersebut mulai meroket ketika digandeng acara My Trip My Adventure (MTMA) Trans TV dalam membuat video di Puncak Cumbri Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro dan air terjun Banyunibo, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran sekitar tahun 2017 lalu.

explore_wonogiri2

“Kami diajak mencari konten dan menjadi guide di Wongiri. Dulu tidak berpikir akan dapat apa. Yang penting menjalin relasi,” imbuhnya.

Kini, @explore_wonogiri mempunyai lebih dari 113.000 follower dan menjadi akun terbesar di Wonogiri. Beberapa pihak telah menjalin kerja sama endorsement. “Kami dapat endorse pertama kali cuma Rp 25.000, rasanya senang sekali. Kalau sekarang di atas Rp 50.000 tergantung konten dan lamanya pemuatan,” katanya.

Baca : Jembatan Nusantara akan Dilengkapi Embung Wisata

Pihaknya juga sering diajak instansi-instansi pemerintah, seperti Humas Pemprov Jateng, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Wonogiri dan Polres Wonogiri untuk ikut menyosialisasikan kegiatan-kegiatan pemerintahan.

Dia berharap, wisata Wonogiri terus berkembang, sehingga lebih banyak dikunjungi wisatawan. “Perlu peningkatan fasilitas dan akses menuju obyek wisata. Potensi utama Wonogiri itu menurut saya pantai-pantainya,” terangnya. (Khalid Yogi)

explore_wonogiri3
BERSAMA GUBERNUR : Admin akun Instagram @explore_wonogiri Setiawan
Triharjanto berbincang dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di
Wonogiri, beberapa waktu lalu. (suaramerdekasolo.com/Dok)

Baca : Polisi Cilik dan Penyiar untuk Dukung Sekolah Sehat

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan