Pasangan Alam Bawa Kitab Suci, Bajo Serasi Pakai Lurik

calon-independen-pilwakot-solo1
SERAHKAN KITAB SUCI : Proses penyerahan kitab suci Alquran dari pasangan bakal calon perseorangan Abah Ali-Gus Amak ke komisioner KPU di kantor KPU Kota Surakarta, Sumber, Banjarsari, Solo, Juamat (21/2). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

*Dua paslon Jalur Independen Kunjungi KPU Kota Surakarta

DUA pasangan bakal calon dari jalur perseorangan yakni Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) dan KH Muhammad Ali – Achmad Abu Jazid (Alam) mendatangi kantor KPU Surakarta, Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (21/2).

Pasangan Bajo menyerahkan bukti dukungan calon perseorangan ke KPU pada pagi hari. Adapun pasangan Abah Ali dan Gus Amak melakukan silaturahmi sambil berkonsultasi tentang kelengkapan perseorangan.

Pasangan bajo yang diikuti sejumlah pendukungnya telah menyerahkan sebanyak 41.425 e-KTP untuk modal maju sebagai bakal Cawali dan Cawawali dari jalur perseorangan. Kedatangan Bajo ke KPU di antar hampir ribuan massa dengan mengenakan kaus warna hitam.

Rombongan calon independen ini di kantor KPU Solo, sekitar pukul 09.15 WIB dan langsung mengeluarkan lima kotak plastik yang berisikan ribuan fotocopy e-KTP dan syarat dukungan bermaterai. Sementara itu, massa pendukung Bajo berorasi di luar kantor KPU Solo.

“Hari ini (Jumat) kami datang ke KPU menyerahkan syarat dukungan sebagai pasangan perseorangan di Pilwakot Solo,” ujar Bagyo kepada wartawan yang sudah menunggui sejak pagi.

“Saya optimistis lolos verifikasi faktual sehingga bisa menjadi Cawali dan Cawawali dari jalur perseorangan di Pilwakot Solo 2020,” kata dia.
Saat itu, pasangan yang diusul sejumlah komunitas itu nampak serasi memakai pakain khas memakai baju lurik. Rombongan ini juga diterima komisioner KPU Kota Surakarta.

Serahkan Kitab Suci

Pada bagian lain, rombongan pasangan Alam datang ke kantor penyelenggara pemilu itu seusai shalat Jumat. Sekitar pukul 14.00 WIB, duet Abah Ali dan Gus Amak memasuki halaman KPU dan disambut komisioner KPU. Kedua pasangan ini mengenakan pakaian khas muslim dengan memakai penutup kepala kopiah dan peci.

Bahkan seturunya dari mobil nampak, Abah Ali membawa kitab suci Alquran yang berukuran besar dan ditunjukkan ke pendukung dan diabadikan oleh wartawan peliput.

calon-independen-pilwakot-solo2
WAWANCARA : Pasangan bakal calon independen Bajo diwawancarai wartawan saat penyerahan berkas dukungan ke KPU Kota Surakarta, Jumat (21/2) pagi. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)


Saat memberikan pernyataan, Abah Ali yang didampingi Gus Amak dan Ketua KPU Nurul Sutarti menegaskan, bahwa kedatanganya ke KPU menunjukkan bahwa pasangan Alam serius maju dalam Pilwakot Solo 2020.
“Kami bermodal niat dan berjuang di jalan Alloh, kami bismillah saja karena kami memang tidak mengandalkan uang,” tegas Abah Ali.

Tokoh pemimpin di Ponpes Takmirul Solo ini juga menegaskan, keiikutsertaanya maju dalam Pilwakot Solo 2020 karena melalui pertimbangan banyak hal, termasuk masukan-masukan dari para ulama, tokoh-tokoh di Kota Solo dan dorongan warga Solo.

Abah Ali yang saat itu membawa kitab suci Alquran mengatakan alasannya menenteng kitab suci itu untuk diberikan kepada penyelenggara pemilu, bahwa dalam setiap tanggung jawab dan tugas kelak akan dimintai pertanggungjawaban Yang Maha Kuasa.

“Kami serahkan Alquran ini sebagai perwujudan kepercayaan kami kepada kinerja KPU. Semoga KPU bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya,” Abah Ali.

Selama proses penyerahan dan silaturhami calon independen yang mengerahkan massa dalam jumlah banyak ini. Kawasan sekitar KPU di Sumber dijaga ketat oleh anggota kepolisian baik berseragam dan berpakaian preman.

Bahkan prosesi ini juga disaksikan pengawas pemilu atau Bawaslu. Sampai sekitar pukul 14.30 kegiatan di KPU ini berakhir dan diperkirakan pada akhir pekan nanti akan kembali ramai dengan agenda penyerahkan berkas dukungan dari pasangan Alam. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan