Bertempat di Ponpes An-Nur Kebonharjo Generasi Muda Digembleng Empat Pilar Kebangsaan

PAPARAN SINGKAT: Kasub Dibintbsos Binmas Polda Jateng AKBP Sugiyanto memberikan ceramah empat pilar di Ponpes An-Nur, Dusun Langenharjo, Desa Kebonharjo, Kecamatan Polanharjo, Jumat (21/2) siang. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Ratusan peserta yang didominasi generasi muda mengikuti sosialisasi wawasan kebangsaan di pondok pesantren An-Nur, Desa Kebonharjo, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jumat (21/2). Para peserta digembleng tentang empat pilar kebangsaan.

Materi wawasan kebangsaan disampaikan oleh Kasub Dibintbsos Binmas Polda Jateng AKBP Sugiyanto di hadapan peserta dan tokoh masyarakat. ” Generasi muda diharapkan meningkatkan terus nilai -nilai empat pilar di kehidupan sehari hari dan masyarakat, ” ungkap AKBP Sugiyanto, Jumat (21/2) siang di hadapan ratusan peserta.

Selain santri, kegiatan dihadiri tokoh masyarakat, dan jajaran pemerintahan. Hadir Ketua DPD LDII Kabupaten Klaten, Sarjono, Camat Polanharjo, Joko Handoyo, Kapolsek Polanharjo AKP Sugeng Handoko, Danramil 15 / Polanharjo, Kapten Inf Sihono dan lainnya. Menurut Sugiyanto empat pilar kebangsaan kembali dibumikan karena merupakan warisan sekaligus kesepakatan bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan bangsa.

Saat ini bangsa Indonesia sedang terancam oleh berbagai tantangan nasional dan global. Oleh karena itu, empat pilar harus tetap hidup dan ada dalam sanubari rakyat Indonesia untuk menjaga keutuhan bangsa.

Perlu Langkah

Untuk kembali membumikan empat pilar kebangsaan, kata Sugiyanto, tidak cukup hanya dengan sosialisasi, tetapi perlu langkah nyata menerapkan nilainya dalam kehidupan sehari-hari . Tantangan saat ini yang menjadi ancaman bangsa dan generasi muda antara lain munculnya berita hoax.

Generasi muda dan anak bangsa diminta tidak mudah terprovokasi dengan berita hoax yang sengaja disebar untuk berbagai tujuan. Cara yang lain untuk menghadapi tantangan demi menjaga keutuhan bangsa adalah dengan meningkatkan sumber daya manusia di bidang ilmu dan daya saing bangsa.

Tidak kalah penting meningkatkan kesadaran sikap tertib dan disiplin. Mengingat Indonesia bangsa yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah maka perlu dikelola dengan sebaik-baiknya untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia. ” Melimpahnya sumber daya alam tentu menjadi incaran pihak-pihak yang ingin menguasainya dengan segala cara,” lanjut Sugiyanto.

Untuk itu pemahaman nilai-nilai empat pilar terus harus ditingkatkan dan diamalkan dalam kehidaupan berbangsa dan bernegara. (Achmad H)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan