Toyip-Totok 1.400, Hartono-Sunarto Masih Nol

sosialisasi-tahapan-pilkada-wonogiri
MENYAMPAIKAN MATERI : Komisioner KPU Kabupaten Wonogiri menyampaikan materi saat sosialisasi tahapan Pilkada Wonogiri di rumah makan Saraswati Brumbung, Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

*Penyerahan Syarat Dukungan Bapaslon Independen Pilkada Wonogiri 2020

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Tahap penyerahan syarat dukungan calon perseorangan atau nonpartai untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Wonogiri berakhir pada Minggu (23/2) pukul 24.00 WIB.

Namun, sampai pukul 18.00 WIB, belum ada bakal calon perseorangan yang datang ke KPU Wonogiri untuk menyerahkan syarat dukungan.

Ketua KPU Kabupaten Wonogiri Toto Sihsetyo Adi mengungkapkan, hingga pukul 18.00, data yang telah diinput di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) juga tidak menunjukkan perubahan.

Pasangan Toyip dan Totok Kusbiyanto baru menginput sekitar 1.400 dukungan. Sedangkan pasangan Hartono-Sunarto belum menginput sama sekali.

“Toyip-Totok baru menginput sekitar 1.400, Hartono-Sunarto masih nol,” katanya, Minggu (23/2).

Meski demikian, KPU akan menunggu hingga pukul 24.00 untuk memastikan kedua pasangan itu jadi mencalonkan diri atau tidak.

“Pada prinsipnya kami melayani. Kami terbuka menerima siapa pun yang mendaftar. Kalau sampai jam 24.00 tidak menyerahkan syarat dukungan, berarti nanti tidak ada calon dari jalur perseorangan,” terangnya.

Namun, jika sebelum pukul 24.00 ada pasangan yang sudah menyerahkan syarat dukungan, pihaknya akan menerima pendaftaran kemudian melakukan verifikasi. Verifikasi dilakukan dengan mencocokkan antara berkas fisik dengan nonfisik atau data yang diinput ke Silon.

Seperti diketahui sebelumnya, dua pasangan dari jalur perseorangan kemungkinan ikut meramaikan Pilkada Kabupaten Wonogiri 2020. Mereka adalah Toyip dan Totok Kusbiyanto serta Hartono dan Sunarto.

Toyip sebelumnya mengaku telah mengumpulkan puluhan ribu dukungan.

Adapun Hartono juga mengaku sudah mengumpulkan sekitar 56.000 dukungan. Dia optimistis mampu mengumpulkan dukungan sesuai syarat minimal yang ditentukan. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan