Pasangan Alam Gagal Maju Pilwakot Solo 2020, Syarat Dukungan 14.557

0
pasangan-alam

SOLO,suaramerdekasolo.com – Hanya mengantongi syarat dukungan sah 14.557, pasangan Muhammad Ali-Achmad Abu Jazid (Alam) tidak memenuhi ketentuan syarat dukungan bapaslon dari jalur independen dalam Pilwakot Solo 2020. Itu artinya pasangan Alam ini dinyatakan gagal untuk maju dalam Pilwakot Solo 2020.

Hal itu berdasarkan pada hasil penghitungan terakhir Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta terhadap berkas fisik syarat dukungan yang diserahkan Tim Pemenangan Alamm. Dari 38.743 Nomor Induk Kependudukan (NIK) e-KTP milik pasangan Pasangan Alam diajukan diketahui sebanyak 14.557 syarat dukungan memenuhi syarat. Sisanya sebanyak 24.186 tidak memenuhi syarat atau TMS.

“Pasangan Alam menyerahkan syarat dukungan ke KPU Solo sebanyak 38.743 e-KTP pada Minggu kemarin pukul 23.00 WIB. Kami langsung melakukan pengecekan berkas dokumen. Hari ini (Rabu) sudah selesai,” ujar Komisioner Divisi Tehnis Penyelenggaraan KPU Kota Surakarta, Suryo Baruno, Rabu (26/2) malam WIB.

Suryo mengatakan dengan hanya 14.557 syarat dukungan yang memenuhi syarat ini, dapat dipastikan tidak memenuhi syarat jumlah minimal dukungan calon perseorangan, yakni sebanyak 35.870 e-KTP. Dengan data dukungan ini pembuatan berita acara dituliskan ditolak.

“Hasil ini berarti untuk Pilwakot Solo hanya ada satu calon perseorangan yang syarat dukungannya diterima KPU Solo, yakni pasangan Bajo (Bagyo Wahyono-FX Supardjo),” kata dia. (Budi Sarmun)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan