Meski Fisik Terbatas, Semangat Belajar Nirmala Tinggi

putri-nirmala-sari-karanganyar
SEMANGAT BELAJAR : Putri Nirmala Sari mengikuti pelajaran di kursi dan meja yang dirancang khusus. (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Memiliki keterbatasan fisik, tak membuat semangat Putri Nirmala Sari untuk menuntut ilmu, luntur.

Siswa kelas VII SMPN 1 Jumapolo yang tak memiliki kedua tangan sejak lahir ini tetap tekun dan semangat menuntut ilmu,

Dengan diantar jemput orang tuanya, Nirmala menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer dari rumahnya di Desa Kadipiro menuju sekolah yang berada di kawasan kota kecamatan.

Di kelas, gadis ini duduk di kursi dengan meja yang dirancang khusus untuk memudahkannya menulis dengan kaki. Di sela waktu belajar, sosok periang ini juga berbaur dengan teman-temannya, tanpa merasa minder.

Ditemui di ruang kelasnya, Rabu (4/3), Nirmala mengaku senang bersekolah di SMPN 1 Jumapolo, karena iklimnya yang bersahabat. “Saya suka pelajaran budaya. Juga tari. Suka melihatnya,” katanya.

Nirmala mengaku tak kesulitan mengikuti pelajaran yang disampaikan guru, maupun untuk mengerjakan tugas atau mencatat pelajaran. Kursi dan meja yang dirancang khusus, membantunya memudahkan menulis dengan kaki.

“Sejak TK sudah belajar menulis pakai kaki,” kata gadis yang tulisannya rapi ini.

Kepala SMPN 1 Jumapolo Mei Sarwanto mengatakan, saat ini hanya satu siswa berkebutuhan khusus di sekolahnya.

“Karena penerimaan peserta didik dengan sistem zonasi, ya kami terima apapun keadaannya. Meskipun bukan sekolah inklusi. Perlakuannya sama seperti siswa lain, hanya ada dispensasi di mata pelajaran olahraga,” katanya.

Menurutnya, Nirmala merupakan sosok murid yang periang. Kesehariannya tidak berbeda dengan siswa-siswa lain.

“Anaknya juga tidak minder, tidak merasa kekurangan. Teman-temannya juga baik, mau membantu. Jadi tidak ada diskriminasi, tidak ada perundungan,” ujarnya. (Irfan Salafudin)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan