Hak Pakai 40-41 Atas Tanah Sriwedari Ternyata Tercatat di BPN Surakarta, Pemegangnya Pemkot Surakarta

0
kunjungan-anggota-dprd-surakarta-ke-bpn-surakarta
FOTO/DOK

*Hasil Kunjungan Anggota DPRD ke BPN Surakarta

SOLO,suaramerdekasolo.com – Sejumlah anggota DPRD Kota Surakarta menelusuri statsu hukum dan status terkini tanah Sriwedari. Dalam keperluan itu para wakil rakyat yang terdiri atas YF Sukasno, Suharsono, Ekya Sih Hananto, Janjang Sumaryono Ajidan Wahyu Haryanto mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Surakarta dan Pengadilan Negeri Surakarta, Senin (9/3).

Baca : Soal Sengketa Lahan Sriwedari, PN Diingatkan Agar Berhati-hati

Dari data awal yang diperoleh di BPN, lima wakil rakyat itu mendapati sebuah fakta termutakhir tentang tanah Sriwedari.

Suharsono satu dari wakil rakyat menyatakan, status tanah terkini Sriwedari masuk dalam hak pakai 40 dan hak pakai 41.

“Tanah di Kelurahan Sriwedari tercatat dengan Hak Pakai no 40 dan 41. Pemegang Hak Pemerintah Kota Surakarta. Asal Hak Tanah negara bebas yang langsung dikuasai oleh negara,” terang Suharsono.

Ketua Komisi I DPRD juga menyatakan dengan status HP 40 dan HP 41 atas tanah Sriwedari yang sah dan tercatat di BPN Surakarta. Maka pihaknya wajib memperjuangkan hak tersebut.
“Kita wajib mempertahankan sampai titik darah penghabisan untuk anak cucu/ keturunan kita, Merdeka!” tegas wakil rakyat dari PDI Perjuangan Kota Surakarta ini.

Baca : Tanah Sriwedari Segera Dieksekusi

Dikatakan, kedatangan ke lembaga negara itu dalam kapasitas sebagai anggota dprd menghadap kepala BPN untuk mendapat informasi dan kepastian tentang tanah Sriwedari.
“Kesimpulan saya, tanah tersebut tidak bisa dieksekui,” tegas wakil Ketua Politik Hukum dan Keamanan DPC PDI Perjuangan ini.

Sementara itu Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD kota Surakarta YF yang turut dalam rombongan membenarkan adanya dokumen tersebut.
“Setelah ketemu dengan Kepala BPN Solo terkait HP 40 dan HP 41. Kami meyakini sah atas nama Pemkot Surakarta,” tegas Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surakarta ini. (Budi Santoso)

Baca : Tanah Sriwedari akan Dieksekusi

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan