Sekolah di Wonogiri Diliburkan Seminggu

0
sekolah-wonogiri-libur
MEMBERSIHKAN ALUN-ALUN : Masyarakat dan petugas bekerja bakti membersihkan area Car Free Day di Alun-alun Kabupaten Wonogiri, Minggu (15/3). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Pemkab Wonogiri mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah selama seminggu untuk mengantisipasi penyebaran penyakit virus corona (Covid 19). Selain itu, kegiatan-kegiatan yang mengundang kerumunan massa, apel, dan upacara ditiadakan.

Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo mengatakan, selama seminggu tersebut, anak-anak belajar di rumah. “Pembelajaran di rumah dilakukan selama satu minggu, mulai besok Senin (16/3), sambil menunggu perkembangan di lapangan,” katanya, Minggu (15/3).

Pihaknya berharap situasi akan semakin membaik sehingga para siswa cukup diliburkan selama sepekan. Namun jika situasi belum membaik, pihaknya akan mengambil kebijakan khusus.

Dia menerangkan, libur seminggu diterapkan di seluruh jenjang pendidikan di Kabupaten Wonogiri, mulai dari TK/PAUD, SD, SLTP, SLTA hingga perguruan tinggi. Para guru akan menyiapkan panduan atau tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah.

“Dinas akan mengambil pola kebijakan agar aktivitas belajar bisa dilaksanakan di rumah. Orang tua juga harus memberi pendampingan dan monitoring supaya aktivitas anak-anak bisa dikontrol,” terangnya.

Di sisi lain, kegiatan upacara, apel dan acara-acara yang mengundang kerumunan massa ditiadakan sementara. Demikian juga dengan upacara atau apel di kalangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Adapun car free day di sepanjang jalan Pemuda, Wonogiri kota juga dihentikan sementara. “Car free day

hari ini memang sudah kami jadwalkan ditutup jauh-jauh hari karena untuk aksi bersih-bersih dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-279 Kabupaten Wonogiri. Kalau car free day

Minggu depan ditutup karena ada instruksi presiden terkait bencana nasional Covid-19,” ujarnya. Pemkab juga sudah mempersiapkan diri menghadapi potensi penyebaran Covid-19. Pihaknya menyiapkan 23 ruang isolasi di RSUD Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri. Selain itu menyediakan sarana perlindungan diri, seragam, masker, hand sanitizer dan sebagainya di rumah sakit dan fasilitas-fasilitas kesehatan.(Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan