Ini Upaya Jajaran Polres Karanganyar Cegah Penyebaran Corona

0
pencegahan-virus-corona
PENCEGAHAN : Pengecekan suhu tubuh dilakukan jajaran Polres Karanganyar, sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona. (suaramerdekasolo.com/dok)

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Langkah pencegahan penyebaran virus corona, dilakukan jajaran Polres Karanganyar melalui berbagai upaya.

Di jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas), upaya pencegahan dilakukan dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh pada masyarakat yang hendak mengurus SIM dan layanan publik lainnya.
Disediakan pula cairan cuci tangan (hand sanitizer) yang harus digunakan, sebelum pemohon layanan masuk ruangan.

Selain itu, personel Satlantas juga membuat video tentang ajakan mencuci tangan secara benar, lewat tarian Baby Shark. Video penyuluhan tersebut kemudian disebar melalui akun sosmed, serta grup percakapan di aplikasi Whatsapp.

Kasatlantas AKP Dewi Endah Utami mengatakan, pemeriksaan suhu tubuh dan disiapkannya cairan cuci tangan merupakan upaya pencegahan penyebaran virus corona.

“Ini juga untuk menjaga kenyamanan masyarakat yang membutuhkan layanan di Satlantas. BIar tidak khawatir berlebihan. Setiap pemohon layanan diperiksa suhu tubuh di depan pintu dan diminta cuci tangan dengan hand sanitizer. Jika ditemukan warga yang suhu tubuhnya tinggi, kami arahkan untuk memeriksakan kesehatannya dulu,” tuturnya.

Sedangkan untuk video tari cuci tangan Baby Shark, Kasatlantas mengatakan, hal itu merupakan bentuk sosialisasi ajakan mencuci tangan secara benar.

“Biar menarik, sengaja menggunakan lagu Baby Shark. Sebab sasaran dari sosialisasi ini juga kepada anak-anak,” imbuhnya.

Sementara itu, personel di lingkungan Polres juga diperiksa kondisi kesehatannya, Senin (16/3). Selain dicek suhu tubuh, mereka juga mengikuti sosialisasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS), salah satunya dengan melakukan cuci tangan secara benar.

Paurkes Bag Sumda Polres Karanganyar Ipda Subiyanto mengatakan, ada 193 personel yang dicek kondisi kesehatannya.

pencegahan-virus-corona2
PENCEGAHAN : Jajaran Humas Polres Karanganyar menyosialisasikan upaya pencegahan corona kepada admin grup sosial media di Karanganyar. (suaramerdekasolo.com/dok)

“Ini pemeriksaan rutin. Namun untuk kali ini sekaligus dalam rangka pencegahan corona. Pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermometer infrared, untuk mendeteksi ada tidaknya personel yang perlu perawatan,” jelasnya.

Penyuluhan pencegahan corona juga dilakukan jajaran Humas Polres Karanganyar, kepada admin grup sosial media yang ada di Bumi Intanpari.
Paur Humas Polres Karanganyar Ipda Sutrismiyatno mengatakan, para admin diminta ikut menjaga kondusivitas grup sosial media, agar masyarakat tidak panik menghadapi isu yang berkembang saat ini.

“Kami meminta, jika ada postingan yang tidak mempunyai sumber informasi jelas agar tidak diloloskan. Kami berharap, informasi yang disampaikan melalui grup sosial media bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, sehingga tidak menambah kebingungan masyarakat,” imbuhnya. (Irfan Salafudin)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan