Tak Khawatir Wabah Corona, Sebagian Warga Solo Tetap Salat Jumat

0
jamaah-salat-jumat
SALAT JUMAT : Jamaah salat jumat menuju Masjid Al Iman Aspol Manahan Surakarta. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

*Ada Imbauan Kanwil Kemenag Surakarta

SOLO,suaramerdekasolo.com – Meski ada imbauan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Surakarta tentang imbauan agar tidak salat jamaah ke masjid, Jumat (20/3). Sebagian warga Solo tetap menjalan ibadah wajib khusus jamaah pria ini ke masjid.

Hal itu terpantau di sejumlah masjid di Kota Solo seperti Masjid Agung, sejumlah masjid kecil seperti di lingkungan Polresta Surakarta.

Di masjid Al Iman Aspol Manahan Solo, salat jumat tetap dilaksanakan. Jamaah yang berasal di sekitar markas polisi tetap menuju ke masjid.

Akan tetapi jumlah jamaah tidak sebanyak biasanya yang sering meluber sampai ke teras masjid.

Menurut Wakil Ketua Takmir Masjid Al Iman, Ponidi, kegiatan salat jumat berjamaah ini tetap berjalan seperti biasa. Mengingat, jamaah salat berasal dari lingkungan aspol (asrama polisi).

“Insyaallah tidak ada apa-apa karena jamaahnya berasal dari lingkungan sini (aspol), ” kata dia.

Salah satu jamaah Kompol Busroni mengatakan, pelaksanaan salat jumat tetap dilaksanakan mengikuti anjuran-anjuran dan prosedur yang ada. Di antaranya adalah penyemperotan desinfektan di seluruh masjid termasuk lantainya.

“Tadi lantai masjid sudah disterilkan dengan desinfektan. Sehingga aman bagi jamaah,” kata Kasat Lantas Polresta Kota Surakarta ini.

Terkait materi dakwah tdi juga disampaikan tema tentang virus corona yang akhir-akhir jadi perbincangan publik. Namun, materi dakwa disampaikan secara singkat dan padat.

“Cemaramah khatib tadi juga singkat dan padat,” imbuhnya. (Budi Santoso)

Editor : Sri Hartanto

Tinggalkan Pesan