Kapolresta Surakarta Tidak Izinkan Kegiatan Keramaian, Dalam Rangka Cegah Penyebaran Virus Corona

0
polresta-surakarta
FOTO/DOK

SOLO,suaramerdekasolo.com — Maklumat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis agar seluruh kegiatan yang mengundang keramaian tidak diizinkan lebih dahulu, langsung ditindaklanjuti jajaran kepolisian di daerah.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai, menegaskan untuk sementara menunda seluruh izin kegiatan yang mengundang massa dalam jumlah yang cukup banyak di Kota Solo selama mewabahnya virus Covid-19.

Begitu pula, Polresta Surakarta juga meniadakan operasi kendaraan motor sesuai instruksi Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz melalui Maklumat Kapolri tertanggal Kamis (19/3).

Ditambahkan Andy Rifai, melalui maklumat Kapolri, izin keramaian seperti kegiatan konser musik, pekan raya, festival, dan pasar malam akan ditunda. Perwira menengah berpangkat melati tiga dipundak itu juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tinggal di rumah untuk mencegah tersebarnya virus Covid-19.

“Kami membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk mencegah atau menghambat berkembangnya virus corona. Perihal ketersediaan pangan hingga saat masih relatif aman,” tegasnya, Minggu (22/3).

Orang pertama di jajaran Polresta itu menandaskan, dalam situasi Kejadian Luar Biasa (KLB) virus corona di Kota Solo sekarang ini, apabila masih ada massa yang menggelar unjuk rasa atau keramaian, hal itu dilakukan secara ilegal.

https://twitter.com/SoloSuara/status/1241712133068521475?s=19

Apabila dalam aksi massa itu memenuhi unsur pidana, akan ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Adapun tentang razia kendaraan untuk sementara ditiadakan, hal itu dikemukakan Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Busroni. Meski begitu, jajaran Satlantas tetap memberikan sanksi tilang bagi pengguna jalan yang melanggar aturan berlalu lintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan seperti melawan arus lalu lintas, menerobos alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL), dan tidak memakai helm.

”Dalam upaya mematuhi ketertiban berlalu lintas pada Sabtu (21/3) malam, komunitas atau klub-klub motor yang nongkrong di pinggir jalan, kami bubarkan,” terangnya. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan