Bupati Wonogiri Tuntut Kepekaan Pengusaha Hadapi Virus Corona

bupati-wonogiri-jekek
FOTO DIRI : Bupati Wonogiri, Joko 'Jekek' Sutopo

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo meminta agar para pengusaha peka terhadap persoalan wabah penyakit virus corona (Covid-19) yang sedang dihadapi. Mereka diminta tidak mengambil keuntungan pribadi di masa sulit ini. Melainkan ikut membantu menyelesaikan masalah Covid-19.

Bupati juga mengaku sudah menelepon sejumlah pengusaha, termasuk manajemen PT Sritex yang ada di Kabupaten Sukoharjo. “Baru saja saya telepon Sritex, mbok ya Wonogiri dibantu,” katanya usai memimpin rapat koordinasi di ruang kerjanya, Senin (23/3).

Dia mengungkapkan, banyak pabrik yang beromzet sangat besar hingga miliaran rupiah. Beberapa di antaranya adalah pabrik tekstil dan garment yang bisa memproduksi masker.

“Kalau keuntungannya disisihkan beberapa miliar saja, menurut saya itu tidak seberapa dibandingkan dengan kekayaan yang sudah didapat para pengusaha. Itu akan sangat membantu menangani Covid-19,” terangnya.

Di sisi lain, pabrik-pabrik dia minta untuk tidak menerapkan kerja lembur kepada para karyawannya. Pasalnya, kerja lembur akan menurunkan stamina dan selanjutnya bisa menurunkan daya tahan tubuh dalam menghadapi penyakit.

Jumlah tenaga kerja pada pabrik-pabrik atau perusahaan di Wonogiri mencapai puluhan ribu orang. Interaksi di antara mereka juga sangat tinggi. Namun, pihaknya tidak punya otoritas untuk meliburkan karyawan. Oleh karenanya, dia meminta para karyawan untuk tidak diberi beban kerja lembur.(Khlid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan