Keluarga Korban Covid-19 Jalani Isolasi dalam Satu Rumah

0
isolasi-mandiri-covid-19
FOTO ILUSTRASI

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 11 orang keluarga korban yang meninggal dunia akibat penyakit virus corona (Covid-19) telah menjalani isolasi mandiri dalam satu rumah. Hal itu untuk memastikan agar virus corona tidak menyebar.

Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo mengungkapkan, sebuah rumah milik kerabat mereka telah disediakan sebagai tempat isolasi mandiri. “Ada satu rumah saudara mereka yang kosong, dijadikan tempat isolasi mandiri,” katanya, Minggu (22/3).

Selama menjalani isolasi, tim medis selalu memantau perkembangan mereka secara intensif. “Sampai saat ini tidak ada gejala yang mengarah ke Covid-19,” ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya juga menelusuri orang-orang yang pernah berinteraksi dengan korban meninggal akibat Covid-19. Hasil pelacakan menunjukkan ada 117 orang yang pernah melakukan kontak dengan korban, termasuk 11 orang keluarganya.

‘Kalau dilihat dari rentang waktu mereka melakukan kontak, ini sudah melewati batas 14 hari. Sejauh ini masih aman. Tidak menunjukkan gejala-gejala,” imbuhnya.

Pemkab juga melakukan pemantauan terhadap rombongan asal Wonogiri yang pernah melakukan kegiatan keagamaan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, baru-baru ini. Dari hasil pemindaian, suhu tubuh mereka masih berada dalam batas aman.

Pemkab telah menyiapkan dana lebih dari Rp 6 miliar untuk menghadapi wabah itu. Sekitar Rp 5 miliar diambilkan dari Dana Infrastruktur Daerah (DID) dan Rp 1 miliar dari Biaya Tidak Terduga (BTT). Selain itu, pihaknya juga mengambilkan dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Cukai Tembakau (DBHCHT).

Dana tersebut akan diarahkan untuk penyiapan infrastruktur medis, kebutuhan alat pelindung diri (APD) dan sosialisasi secara massif. “Sosialisasi dilakukan ke seluruh lini, berkolaborasi dengan TNI, Polri, relawan dan seluruh elemen sampai tempat-tempat ibadah,” terangnya. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan