Siswa Kerjakan Soal Ujian di Rumah

smkn-jenawi-ujian-berbasis-online1
UJIAN SEKOLAH : Admin mengawasi pelaksanaan ujian sekolah (US) secara online melalui server di SMKN Jenawi, Senin (23/3). Pelaksanaan US berbasis Android ini baru pertama kali dilakukan. (suaramerdekasolo.com/dok)
  • SMKN Jenawi Gelar US Berbasis Android

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Pelaksanaan ujian sekolah (US) di SMKN Jenawi tetap berlangsung, meskipun ada kebijakan siswa diliburkan untuk menghindari pandemi corona.

Ujian dilaksanakan secara online, di mana siswa mengerjakan soal ujian dengan smartphone di rumah mereka masing-masing. Pengerjaan soal ujian menggunakan aplikasi WOKA CBT Pro yang dikembangkan oleh Tim Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sekolah.

Ujian berlangsung antara 23-30 Maret, atau dipadatkan dari jadwal semula antara 23 Maret – 1 April.

Kepala SMKN Jenawi Sri Eka Lelana mengatakan, US dilakukan secara online untuk menghindari berkumpulnya warga sekolah di sekolah.

“Ini penerapan kebijakan social distancing dari pemerintah. Jadi untuk US dilakukan secara online, berbasis Android. Meskipun sebenarnya, US berbasis Android ini sudah direncanakan sejak jauh hari, karena ini bagian dari pengembangan program smartschool di SMKN Jenawi,” jelasnya, Senin (23/3).

Total, ada 276 siswa yang mengikuti US online, dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Akuntansi.

“Sebelum pelaksanaan US, kami sudah melakukan simulasi pada 20 Maret lalu. Untuk memastikan semua lancar, karena US online berbasis Android ini baru pertama kali diadakan,” tuturnya.

Meski siswa mengerjakan soal ujian di rumah, namun Eka memastikan, kesempatan untuk berbuat curang minim. Sebab ada batasan waktu mengerjakan yang tersistem.

“Tidak ada kesempatan nyontek, karena waktu pengerjaan yang terus berjalan. Ketika waktunya habis, maka akan tertutup otomatis,” jelasnya.

Untuk pemantauan ujian, dilakukan melalui server di sekolah. Menurut Eka, kelebihan sistem WOKA CBT Pro, pemantauan bisa lewat server secara real time.

smkn-jenawi-ujian-berbasis-online2
UJIAN SEKOLAH : Siswa SMKN Jenawi mengerjakan soal ujian sekolah (US) secara online, dengan menggunakan smartphone di rumah masing-masing, Senin (23/3). Pelaksanaan US berbasis Android ini baru pertama kali dilakukan. (suaramerdekasolo.com/dok)

Siswa bisa diarahkan untuk mulai mengerjakan oleh wali kelas melalui Whatsapp (WA) group kelas. NIlai siswa juga bisa langsung terlihat. Jadi sejak proses login, mengerjakan dan selesai, semua dapat terpantau.

“Namun masih ada kendala yang dihadapi sebagian besar peserta, yakni saat mulai mengerjakan tidak bisa serentak. Sebab tergantung kesiapan siswa dan kesulitan login, karena dalam waktu bersamaan seluruh siswa ingin segera login,” imbuhnya. (Irfan Salafudin)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan