Pemerintah Siapkan Relaksasi Kredit bagi Usaha Mikro dan Usaha Kecil

*Dampak Pandemi Covid 19

JAKARTA,suaramerdekasolo.com – Pemerintah segera menyiapkan skema untuk menghadapi dampak wabah virus corona khususnya bagi yang terdampak seperti usaha-usaha mikro dan usaha kecil.

Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan hal tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan selanjutnya dilaksanakan program yang dinamakan relaksasi kredit bagi usaha mikro dan usaha kecil.

Dalam akun facebooknya Presiden Joko Widodo mengaku telah mendengar berbagi macam keluhan rakyat kecil akibat dampak virus corona.ini.

“Saya telah mendengar adanya keluhan dari usaha-usaha mikro dan usaha kecil mengenai kesulitan yang mereka hadapi sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Kemarin, hal ini telah saya bahas dengan Otoritas Jasa Keuangan,” kata presiden.

Kesimpulannya kata mantan Wali Kota Surakarta ini, OJK akan memberikan kelonggaran berupa relaksasi kredit bagi usaha mikro dan usaha kecil, untuk nilai kredit di bawah Rp10 miliar, baik kredit yang diberikan oleh perbankan maupun industri keuangan nonbank.

” Terhadap nasabah usaha mikro dan usaha kecil akan diberikan penundaan cicilan sampai satu tahun dan juga penurunan bunga, ” kata mantan Gubernur DKI ini.

Seperti diketahui pasca-merebaknya covid19, langsung memukul telak sektor perkonomian. Bahkan para tukang ojek dan sopir taksi merasakan dampaknya karena sepinya orderan.

Presiden menjamin tukang ojek dan sopir taksi yang mengambil kredit sepeda motor atau mobil, serta nelayan yang sedang memiliki kredit perahu.

“Mereka tidak perlu khawatir dengan angsuran, karena telah diberi kelonggaran berupa relaksasi pembayaran bunga dan angsuran selama satu tahun.”(*)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan