Tiga Bulan Ke Depan, Negera Terkena Wabah Corona Diperkirakan Pulih

isolasi-mandiri-covid-19
FOTO ILUSTRASI

*Jawaban WHO Atas Pertanyaan Kapan Virus Corona Berakhir

JAKARTA,suaramerdekasolo.com – Wabah virus corona atau Covid-19 dipridiksikan sangat mungkin menyebar di berbagai penjuru dunia berbulan-bulan ke depan.

Hal ini ditegaskan oleh Penasihat senior Direktur Jenderal WHO, Dr Bruce Aylward.

“Jika kembali melihat China, mereka mengidentifikasi virus pada awal Januari, mereka melakukan segalanya, dan memperkirakan mungkin akhir Maret akan bebas dari corona, ya berarti 3 bulan ya,” kata Bruce Aylward kepada Time yang dilansir suara.com, Selasa (24/3).

Jangka waktu itu bisa berbeda jika negara-negara tidak setanggap China atau Korea Selatan.

“Sekarang kalau kita lihat Eropa, Amerika Utara dan Timur tengah, pertumbuhan kasusnya meningkat terus menerus. Negara-negara ini masih menghadapi tantangan selama berbulan-bulan ke depan,” imbuhnya.

Negara-negara seperti Afrika atau India dengan kasus yang masih akan meningkatkan jumlah kasus.

“Meskipun mereka memiliki sangat, sangat sedikit kasus, jika kurvanya dilihat lebih teliti, maka sebenarnya mereka juga dalam fase pertumbuhan,” ujar Aylward.

Bahwa pada enam bulan ke depan masih ada persebaran corona di berbagai negara.

“Seperti apa yang lihat, gelombang besar penyakit ini pada dasarnya ada di seluruh dunia kecuali di belahan bumi selatan,” imbuhnya.

Ia menegaskan, kalau negara-negara bisa melakukan penanganan layaknya China, Korea Selatan, dan Singapura maka dunia bisa saja pulih di tiga bulan yang akan datang.

“Namun, saya pikir setiap negara mungkin belum mengoptimalkan penggunaan waktu yang tersedia, untuk menangani virus ini,” kata Aylward.(*)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan